Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Febri Diansyah: Upaya Pelemahan KPK Kembali Bergulir

Kamis, 24 Agustus 2017 – 02:15 WIB
Febri Diansyah: Upaya Pelemahan KPK Kembali Bergulir - JPNN.COM
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara KPK Febri Diansyah menganggap upaya DPR meminta Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pengganti UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai pelemahan lembaga antirasuah.

Menurutnya, isu revisi UU KPK yang dimulai lewat penerbitan Perppu akan muncul lagi. “Sebenarnya ini isu lama yang digulirkan,” kata Febri, Rabu (23/8).

Dia menjelaskan, isu ini sudah muncul sejak isi draf revisi UU KPK dibacakan di sejumlah perguruan tinggi beberapa waktu lalu oleh DPR. Sebab, isinya lebih banyak memangkas kewenangan lembaga yang dipimpin Agus Rahardjo Cs itu.

“Beberapa kali upaya untuk melemahkan KPK terbaca di draf revisi sebelumnya,” katanya.

Febri mengatakan, beberapa kewenangan KPK akan dihilangkan. Di antaranya kewenangan penyadapan, penuntutan tersangka di persidangan hingga pembatasan waktu keberadaan KPK.

Menurut dia, kalau kewenangan KPK menuntut dicabut, maka para tersangka yang sedang diproses saat ini termasuk dalam perkara korupsi e-KTP tidak akan bisa diajukan ke pengadilan.
“Apakah itu yang diinginkan?" ujarnya.

Lebih lanjut, Febri yakin Presiden Jokowi tidak akan melakukan revisi UU KPK dengan menerbitkan Perppu. Sebab, Jokowi sudah berkali-kali menegaskan akan memperkuat KPK serta upaya pemberantasan korupsi.

Seelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan revisi sebuah UU harus dilakukan oleh pemerintah bersama parlemen. Revisi tidak akan terjadi jika salah satu dari dua lembaga itu tidak setuju. Namun, Fahri menegaskan, presiden bisa membuat Perppu lebih cepat.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menganggap upaya DPR meminta Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close