Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Festival Tenun Ikat Sumba 2017 akan Disaksikan Presiden Jokowi

Rabu, 12 Juli 2017 – 14:40 WIB
Festival Tenun Ikat Sumba 2017 akan Disaksikan Presiden Jokowi - JPNN.COM

jpnn.com, SUMBA BARAT DAYA - Siapa yang tak tahu Nusa Tenggara Timur? Provinsi yang punya Labuan Bajo? Punya Resort terbaik dunia seperti Nihiwatu? Komodo yang pernah diposting jagoan MotoGP sekelas Valentino Rossi? Tour de Flores yang banyak diikuti rider kelas dunia? Sekarang, ada satu lagi pesonanya yang siap ditebarkan.

Namanya, Festival Tenun Ikat Sumba. Agendanya siap digelar di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), 12-15 Juli 2017.

“Ini potensi yang tak boleh disepelekan. Motif Tenun Sumba sangat khas. Desain ragamnya simetris. Ini melambangkan keseimbangan dan keharmonisan hidup manusia. Itu sebabnya Kemenpar ikut mensupport agenda ini,” terang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti, Selasa (11/7).

Jangan takut bosan menyaksikan acara ini. Karena yang ditampilkan di Festival Tenun Ikat Sumba 2017, semuanya sangat keren. Warna dan desainnya sangat eye cathing. Pewarnaan kain tenun sumba menggunakan berbagai daun dan akar-akaran.

Semua menggunakan warna alami. Dengan cara seperti itu, kain tenun Sumba warnanya semakin lama semakin bagus tidak pudar.

“Ada filosofinya, ada sejarahnya, punya story telling yang kuat. Ini sangat matching dengan pariwisata,” tambah Esthy.

Festival Tenun Ikat Sumba ini akan diikuti 2017 penenun di 4 Kabupaten se-daratan Sumba. Jika tidak ada aral melintang, kegiatan ini akan disaksikan oleh Presiden Jokowi. Kebetulan orang nomor satu di negeri ini juga concern di crative industry.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengungkapkan, Presiden Jokowi dijadwalkan sudah berada di Sumba pada tanggal 12 Juli. Jadi akan sempat menikmati acara parade kuda Sandelwood se-daratan Pulau Sumba yang sudah berlangsung selama sepekan mulai dari 3-12 Juli.

loading...