Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FIFA Tunjuk Cile Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025

Senin, 18 Desember 2023 – 18:37 WIB
FIFA Tunjuk Cile Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025 - JPNN.COM
Arsip - Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) bersama Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) menyaksikan laga final Piala Dunia U-17 2023 antara Jerman melawan Prancis di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Timnas Prancis melalui drama adu penalti dengan skor akhir 4-3, dimana sebelumnya kedua tim bermain imbang 2-2. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

jpnn.com - JAKARTA - FIFA resmi menunjuk Cile menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025. Penunjukan itu dilakukan melalui keputusan pada rapat dewan FIFA yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi, Minggu waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa Cile sejak 1962 sudah menyelenggarakan ajang FIFA di level tertinggi, dan yang paling baru ialah Piala Dunia U-17 pada 2015.

"Pengalaman negara tersebut ditambah dengan gairah dari penggemar sepak bola di Cile akan menjadi latar belakang fantastis untuk bintang-bintang masa depan,” demikian pernyataan Gianni Infantino, seperti dikutip dari laman resmi FIFA.

Sebelumnya, Indonesia dan Singapura sempat berusaha mengajukan hak menjadi tuan rumah (bidding) Piala Dunia U-20.

Namun, dengan adanya keputusan FIFA itu, maka Indonesia dipastikan batal untuk kembali menggelar perhelatan kelas dunia tersebut.

Indonesia sempat terpilih untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi 2021, tetapi turnamen itu harus dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Turnamen tersebut kemudian digeser ke 2023 dengan Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Namun, karena berbagai kisruh terkait kehadiran Timnas Israel sebagai salah satu peserta, maka FIFA mengambil keputusan untuk membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut. Kemudian, FIFA menunjuk Argentina sebagai tuan rumah baru.

Indonesia kemudian diberikan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, setelah Peru yang seharusnya menjadi tuan rumah dinyatakan tidak memenuhi komitmen infrastruktur untuk menyelenggarakan ajang besar tersebut.

FIFA telah secara resmi menunjuk Cile menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close