Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Firnando Ganinduto Dukung Pembatasan BBM Subsidi, Ini Alasannya

Kamis, 11 Juli 2024 – 11:13 WIB
Firnando Ganinduto Dukung Pembatasan BBM Subsidi, Ini Alasannya - JPNN.COM
Anggota DPR RI terpilih sekaligus pengamat Keuangan & BUMN Firnando Ganinduto. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Keuangan & BUMN Firnando H. Ganinduto menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pembatasan pembelian BBM subsidi dengan sejumlah catatan.

Menurut anggota DPR RI terpilih itu, kebijakan tersebut baik dalam menjaga stabilitas harga BBM dan mengurangi beban anggaran negara.

"Dengan kebijakan ini, diharapkan harga BBM tidak naik sehingga tidak membebani rakyat," ujar Firnando, dalam keterangannya, Kamis (11/7).

Firnando mengatakan, Pertamina sebagai BUMN, harus putar otak untuk mencari solusi agar subsidi tetap diberikan tanpa menambah beban anggaran negara.

"Jangan sampai rakyat yang terbebani, terutama bagi masyarakat yang daya belinya rendah saat ini," ujar pria yang pernah bekerja di Matrix Capital Group, New York City.

Dia menilai bahwa efisiensi anggaran adalah salah satu keuntungan utama dari pembatasan ini. Subsidi BBM yang selama ini memakan porsi signifikan dari anggaran negara dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain, seperti pendidikan, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan layanan publik.

"Selain itu, dengan pembatasan ini, subsidi BBM bisa lebih tepat sasaran dan dinikmati oleh kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan, seperti nelayan, petani, pedagang dan angkutan umum," ujar peraih gelar Bachelor of Business Administration Degree di Berkeley College, New York City.

Namun, Firnando juga menyadari adanya potensi dampak negatif dari kebijakan ini. Salah satu kekhawatirannya adalah pembatasan BBM subsidi bisa membuka peluang penyimpangan dan penyalahgunaan.

Firnando Ganinduto menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pembatasan pembelian BBM subsidi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close