Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Flu Burung Renggut Nyawa Bocah 11 Tahun di Kamboja, Mbak Rerie: Jangan Sampai Meluas!

Senin, 27 Februari 2023 – 23:04 WIB
Flu Burung Renggut Nyawa Bocah 11 Tahun di Kamboja, Mbak Rerie: Jangan Sampai Meluas! - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan perlunya segera meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi penularan flu burung pada manusia yang sudah terjadi di kawasan Asia Tenggara.

"Temuan penularan flu burung pada manusia telah terjadi di Kamboja harus benar-benar diantisipasi untuk mencegah meluasnya penyakit tersebut di kawasan Asia Tenggara," tegas Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/2).

Sebagai informasi, mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan kasus flu burung (H5N1) sudah menular ke manusia di Kamboja.

Terkait kasus tersebut, seorang anak berusia 11 tahun di Kamboja meninggal dunia.

Sebelumnya, ada 22 ekor ayam dan tiga bebek yang mati di lingkungan rumah keluarga tersebut.

Di desa tempat keluarga tinggal, sejumlah burung liar juga mati, serta masih ada 11 orang lagi yang sedang dalam pemeriksaan kemungkinan tertular flu burung.

Menurut Mbak Rerie sapaan akrab Wakil Ketua MPR koordinator bidang penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah, upaya pencegahan penyebaran kasus flu burung terhadap manusia harus segera dilakukan dalam rangka membentengi setiap negara, termasuk Indonesia dari ancaman penyakit tersebut.

Dia menekankan kolaborasi antarkementerian dan lembaga, seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertanian maupun Badan Karantina Pertanian harus diperkuat untuk mengawasi lalu lintas unggas dan orang antarwilayah.

Mbak Rerie mengingatkan perlunya segera meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah penularan flu burung yang renggut nyawa bocah 11 tahun di Kamboja jangan meluas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close