Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FPTI Optimistis Panjat Tebing Masuk Cabor Resmi POPNAS

Selasa, 19 September 2017 – 20:29 WIB
FPTI Optimistis Panjat Tebing Masuk Cabor Resmi POPNAS - JPNN.COM
Panjat Tebing. Foto Ilustrasi: pojoksatu

jpnn.com, SOLO - Pertandingan panjat tebing kali pertama dilombakan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2017 pada 13-17 September di Solo, Jawa Tengah.

Sejak resmi dipertandingkan di POPNAS, Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) optimis olahraga ini akan menjadi cabor resmi dan rutin dipertandingkan di POPNAS selanjutnya.

Selain itu, pengurus juga berharap nomor yang dipertandingkan pada ajang tersebut nantinya akan ditambah termasuk dengan memasukkan nomor kombinasi yang direncanakan bakal dipertandingkan di Olimpiade 2020.

“Setelah dipertandingkan perdana di POPNAS 2017 sebagai cabor eksibisi, kita berharap panjat tebing dapat menjadi cabang olahraga resmi dalam setiap POPNAS mendatang.

“Nomor cabor yang dipertandingkan ke depan juga diharapkan bisa lebih banyak, termasuk memasukkan dua nomor yang kemungkinan bakal dipertandingkan dalam Olimpiade 2020 di Tokyo,” kata Ketua Umum PP FPTI, Faisol Riza di Jakarta, Senin (18/9).

Sejauh ini, memang belum ada kepastian nomor yang akan dipertandingkan di Olimpiade 2020 Tokyo. Namun, ada kemungkinan adalah nomor baru yang menggabungkan kategori lead, speed dan boulder atau disebut nomor kombinasi, putra dan putri.

“Karena itu mulai sekarang panjat tebing harus mulai bersiap menghadapi Olimpiade, dengan memasukkan nomor kombinasi di setiap kompetisi, selain nomor-nomor yang sudah reguler dipertandingkan. Terlebih lagi di POPNAS yang pesertanya atlet-atlet muda dan berpotensi menjadi skuad inti Timnas di masa mendatang,” tambah Riza.

Diketahui, sebanyak 101 atlet panjat tebing dari 22 provinsi se-Indonesia mengikuti POPNAS XIV di Solo.

Pertandingan panjat tebing kali pertama dilombakan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2017 pada 13-17 September di Solo, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close