Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fraksi PKS DPR: Santri Penerus Ulama dan Pemimpin Bangsa

Minggu, 22 Oktober 2023 – 16:20 WIB
Fraksi PKS DPR: Santri Penerus Ulama dan Pemimpin Bangsa - JPNN.COM
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023. Foto: Fraksi PKS DPR RI.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengatakan bahwa Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober memiliki makna yang kuat bagi kebangsaan Indonesia.

Menurutnya, pemilihan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional bertepatan dengan peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa, yaitu seruan Resolusi Jihad yang disampaikan oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari dalam mengusir penjajah Belanda dari bumi pertiwi. 

Jazuli menjelaskan Resolusi Jihad merupakan gerakan bagi para ulama dan santri di pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia, yang mewajibkan setiap muslim membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah.

"Sekaligus manifestasi semangat hubbul wathan minal iman," kata Jazuli dalam momentum Hari Santri 22 Oktober 2023.

Jazuli kemudian menguraikan makna kebangsaan dari momentum Hari Santri Nasional setiap 22 Oktober.

Pertama, menempatkan santri sebagai elemen penting bangsa dalam memperjuangkan, menjaga, dan mengisi kemerdekaan Indonesia. 

Kedua, menempatkan santri dan sistem pendidikan yang melahirkannya (pesantren) sebagai bagian penting dari sistem pendidikan nasional. "

Pendidikan pesantren sejatinya bisa ditempatkan sebagai soko guru pendidikan nasional sebagaimana diakui sendiri oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara," ungkapnya.

Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober memiliki makna yang kuat bagi kebangsaan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close