Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fraksi PKS DPR Temui WHO Demi Mengajak Menyelamatkan Palestina

Jumat, 10 Mei 2024 – 10:05 WIB
Fraksi PKS DPR Temui WHO Demi Mengajak Menyelamatkan Palestina - JPNN.COM
Fraksi PKS DPR RI menemui WHO di Jenewa, Swiss, Rabu (8/5/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi/Jazuli Juwaini

jpnn.com - JAKARTA -  Fraksi PKS DPR RI mendatangi Kantor Pusat World Health Organization (WHO) di Jenewa, Swiss, Rabu (8/5).

Kedatangan Fraksi PKS itu untuk mengajak organisasi kesehatan dunia ersebut membantu menyelamatkan Palestina.

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan bahwa kunjungan itu dalam rangka menjalankan amanat konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) NRI Tahun 1945 demi melaksanakan ketertiban dunia. Dalam hal ini, WHO punya peran strategis dalam kerangka kerja sama global.

"Kesehatan telah menjadi isu kemanusiaan global, bukan lagi isu nasional suatu negara atau kawasan. Oleh karena itu, membutuhkan kerja sama dan kolaborasi di antara negara-negara di dunia," kata Jazuli dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (9/5).

Jazuli mengajak WHO  mewujudkan dunia yang sehat dan sejahtera bagi semua orang dari segala ancaman penyakit yang bersifat pandemik maupun akibat konflik dan peperangan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri menuntut WHO lebih determinatif dalam melakukan aksi kemanusiaan guna menyelamatkan nyawa rakyat sipil korban perang. Dalam konteks ini, peran WHO juga sangat vital dalam membela hak-hak kesehatan masyarakat dunia.

Masyarakat Palestina yang mengungsi akibat konflik di kamp-kamp pengungsian, kata dia, bisa meninggal perlahan karena minimnya akses makanan, air, layanan kesehatan, sanitasi, sehingga wabah penyakit menyebar di tengah-tengah kehancuran lingkungan dan tempat tinggal mereka. 

"Mereka tewas di tangan mesin perang agresor dan mayoritas tidak tertolong karena sistem kesehatan telah lumpuh total, rumah sakit dihancurkan, tidak ada obat-obatan, tidak ada dokter, dan bahkan tidak ada tenaga medis yang tersisa," kata Dr. Salim.

Fraksi PKS mendatangi WHO untuk mengajak organisasi kesehatan dunia ersebut membantu menyelamatkan Palestina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close