Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gagalkan Ekspor Ilegal Benih Lobster, Bea Cukai Palembang Raih Penghargaan

Rabu, 19 Agustus 2020 – 21:15 WIB
Gagalkan Ekspor Ilegal Benih Lobster, Bea Cukai Palembang Raih Penghargaan - JPNN.COM
Kepala Kantor Bea Cukai Palembang Abdul Harris, dalam acara pemberian penghargaan yang turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, PALEMBANG - Bea Cukai Palembang menerima penghargaan dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada Rabu (12/8) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan atas usaha dalam upaya Bea Cukai Palembang dalaam menggagalkan dan pengungkapan ekspor ilegal benih lobster selama tahun 2018-2019 di wilayah pengawasannya.

Kepala Kantor Bea Cukai Palembang Abdul Harris, mengungkapkan bahwa penindakan atas penyelundupan delapan belas ribu benih lobster tersebut dilaksanakan sebelum diberlakukannya Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan No 12 tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di wilayah Republik Indonesia.

“Saat itu benih atau baby lobster masih merupakan jenis barang yang dilarang kegiatan eksportasinya,” ujar Abdul Harris, dalam acara pemberian penghargaan yang turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Menurutnya, penggagalan ekspor ilegal tersebut sebagai upaya pemerintah melalui Bea Cukai melindungi keberlanjutan stok keberagaman makhluk hidup di kawasan perairan nasional. 

Serta meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui nilai ekspor lobster dewasa yang jauh lebih tinggi.

"Selain itu, apabila dilakukan eksploitasi terus-menerus, dikhawatirkan lobster bisa punah dari perairan Indonesia,” tambah Abdul. (ikl/jpnn)

Bea Cukai diganjar penghargaan setelah menggagalkan ekspor ilegal benih lobster di wilayah pengawasannya.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close