Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Gajah Liar Masuk Lingkungan Sekolah, Aktivitas Belajar Dihentikan

Kamis, 16 Januari 2020 – 21:35 WIB
Gajah Liar Masuk Lingkungan Sekolah, Aktivitas Belajar Dihentikan - JPNN.COM
Seekor gajah liar berada di pekarangan SD Negeri Dirgantara, Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Kamis (16/1/2020). Foto: ANTARA

jpnn.com, BANDA ACEH - Seekor gajah Sumatera liar memasuki pekarangan Sekolah Dasar Negeri Dirgantara di Desa Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Aktivitas belajar mengajar pun terpaksa dihentikan.

Kepala Desa Negeri Antara Riskanadi mengatakan, gajah liar yang memasuki pekarangan SD itu hanya satu ekor, namun gajah itu salah satu dari kawanan gajah lain yang berjarak sekitar 100 meter dari sekolah.

"Sekarang gajah itu sudah menjauh kembali ke kawanannya," katanya, Kamis.

Dia menyebutkan konflik gajah liar dengan masyarakat setempat telah berkepanjangan, tanpa ada solusi konkret dari pemerintah.

Ia mengatakan, konflik satwa liar itu telah terjadi bertahun-tahun di masyarakat Kecamatan Pintu Rime Gayo, namun untuk periode ini merupakan waktu terpanjang kawanan gajah masuk pemukiman warga, terhitung sejak Juli 2019.

"Harapan kami ada solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang. Untuk jangka pendek ya dengan pembuatan barier, selain itu tidak ada," katanya.

Selama ini, katanya, warga setempat melakukan antisipasi dengan cara pengusiran menggunakan petasan.

Dia berharap, pemerintah tidak mengabaikan konflik gajah yang terjadi di daerah itu, dengan segera melakukan langkah-langkah pananganan.

loading...