Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gajah Sumatera Ditemukan Mati, Kaki Kirinya Buntung

Senin, 07 Oktober 2019 – 21:41 WIB
Gajah Sumatera Ditemukan Mati, Kaki Kirinya Buntung - JPNN.COM
Bangkai gajah sumatera liar bernama Dita di daerah Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (7/10). Foto: RSF/Antara

jpnn.com, PEKANBARU - Gajah sumatera liar bernama Dita yang kaki kiri depannya buntung karena terkena jerat ditemukan mati di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Lokasi (bangkai gajah) di Jalan Bengkalis Balai Raja, Pinggir," kata pegiat lingkungan dari Rimba Satwa Foundation (RSF) Solfarina, ketika dihubungi dari Pekanbaru, Senin (7/10).

Gajah liar Dita tapak kaki kiri bagian depannya terkena jerat sekitar tahun 2014. Pegiat lingkungan dan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berulangkali mengobati gajah betina tersebut, namun lukanya tidak kunjung sembuh. Kaki gajah itu kemudian menjadi buntung sebagian.

Bekas luka pada kaki gajah tersebut membuat pegiat lingkungan langsung bisa mengidentifikasi bangkai Dita. Bangkai gajah sumatera yang diperkirakan berusia 27 tahun itu berada di kubangan dalam keadaan mulai membusuk.

"Isi perutnya pecah, diperkirakan sudah beberapa hari (mati)," kata Solfarina.

Ia mengatakan penyebab kematian Dita belum bisa dipastikan. Menurut dia, dokter hewan dari BBKSDA Riau dan WWF yang sudah berada di lokasi kemungkinan akan melakukan nekropsi atau bedah bangkai untuk mengetahui penyebab kematian Dita.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono menyatakan belum bisa memastikan penyebab kematian gajah Dita. "Kami masih menunggu hasil pemeriksaan tim," katanya.

Ia mengaku prihatin karena insiden tersebut membuat anggota populasi gajah sumatera di alam berkurang.

Bangkai gajah sumatera bernama Dita yang diperkirakan berusia 27 tahun itu berada di kubangan dalam keadaan mulai membusuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close