Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Bakal Perkuat KPK, Polri, dan Kejaksaan untuk Basmi Korupsi

Selasa, 19 September 2023 – 22:45 WIB
Ganjar Bakal Perkuat KPK, Polri, dan Kejaksaan untuk Basmi Korupsi - JPNN.COM
Bakal Calon Presiden 2024 Ganjar Prabowo di acara Mata Najwa On Stage, Selasa (19/9). Foto: Tim Media Ganjar

jpnn.com - YOGYAKARTA - Bakal Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo berbicara soal pemberantasan korupsi saat tampil di Mata Najwa On Stage di Grha Saba Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (19/9) malam. 

Mantan gubernur Jawa Tengah yang menjabat dua periode itu menyebut bahwa pemberantasan korupsi menjadi prioritas Indonesia ke depan.  

Dia memastikan akan melakukan langkah konkret dalam memperkuat lembaga-lembaga pemberantasan korupsi, ketika terpilih menjadi presiden. 

Sebab, ujar Ganjar, pemberantasan korupsi bisa dilakukan jika lembaga antikorupsi, seperti kejaksaan, kepolisian, dan Komisi Pemberantasan Korupsi diperkuat.

"Mau sebesar apa pun anggaran kita, sebagus apa pun rencana pembangunan, kalau korupsi masih terjadi, itu tidak bisa. Maka penegakan hukum harus diperkuat. Kejaksaan, kepolisian dan KPK harus diperkuat," kata Ganjar.

Dia menegaskan bahwa korupsi harus dibasmi. Adapun upaya membasi itu ialah dengan memperkuat sistem, lembaga penegak hukum, memperbaiki regulasi, menata lembaga. "Tempatkan aktor yang kuat di sana," tegasnya. 

"Ketika sistemnya baik, tetapi aktornya tidak baik, ini enggak akan jalan. Kalau sistem kurang baik, tetapi aktor baik, maka si aktor akan men-drive itu agar menjadi baik," imbuhnya.

Ganjar menambahkan selain memperkuat lembaga antikorupsi, pendidikan antirasuah juga menjadi hal yang wajib digenjot. 

Ganjar Pranowo bakal memperkuat KPK, Polri, dan kejaksaan untuk membasmi korupsi, jika kelak terpilih menjadi presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close