Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Bisa Bernasib Sama dengan Jokowi, Pengamat: Asalkan..

Rabu, 16 Juni 2021 – 03:58 WIB
Ganjar Bisa Bernasib Sama dengan Jokowi, Pengamat: Asalkan.. - JPNN.COM
Hasil survei menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo menempel ketat Prabowo Subianto. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan nasib Ganjar Pranowo sama seperti Joko Widodo ketika pertama kali maju sebagai calon presiden pada 2014.

Hal itu disampaikan Asrinaldi menganggapi hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) yang menunjukkan Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas sebagai calon presiden pemilih milenial dan Gen Z.

Namun, menurut dia yang membedakan ialah waktu saat meningkatnya elektabilitas kedua orang tersebut.

"Ini bedanya timing Jokowi saat beberapa bulan menjelang penetapan atau pemilu, kalau Ganjar masih terlalu jauh," kata Asrinaldi saat dihubungi JPNN.com, Selasa (15/6).

Pria yang juga merupakan dosen Ilmu Politik itu menyebutkan hasil survei tersebut bisa berubah dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, tergantung pada langkah yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah itu.

Asrinaldi menyebutkan jika Ganjar bisa tetap bersikap tenang ketika diserang isu negatif, tidak menutup kemungkinan elektabilitasnya akan terus melejit.

Dia menjelaskan Ganjar Pranowo bisa mendapat restu dari Megawati sama seperti Jokowi pada 2014 lalu.

"Ini dukungan arus bawah, apalagi kalau bisa mengaitkan dengan massa partai yang banyak, tentu elite PDIP terutama Megawati akan sadar," lanjutnya. 

Pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan nasib Ganjar Pranowo sama seperti Joko Widodo ketika pertama kali maju sebagai calon presiden pada 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close