Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Menganggap Luhut Binsar Bijaksana

Kamis, 09 Juni 2022 – 22:12 WIB
Ganjar Menganggap Luhut Binsar Bijaksana - JPNN.COM
Ilustrasi - wisatawan sedang mengagumi keindahan Candi Borobudur di Jawa Tengah. Foto :Antara /HO-Birkom Kemenparekraf

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menunda kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur merupakan langkah yang bijaksana. 

"Intinya, Pak Luhut waktu ke rumah menyampaikan ke saya. “Sudahlah Pak Ganjar ini kita postponed dulu, biar dibicarakan oleh TWC sama balai dulu”. Saya kira itu bijaksana," kata Ganjar di sela-sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kudus, Kamis (9/6).

Menurut dia, wacana kenaikan harga tiket naik ke area stupa Candi Borobudur yang disampaikan kepada publik itu merupakan bentuk transparansi pemerintah. 

Sebenarnya, ujar Ganjar, wacana tersebut belum diterapkan.  Sebab, pemerintah juga masih berdiskusi panjang dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) serta Balai Konservasi Borobudur (BKB). 

“Jadi, konsep sebenarnya belum, tetapi mungkin kita memang transparan saja, jadi tidak menduga kalau responnya seperti itu, ya sudah," ujarnya.

Terlepas dari pro dan kontra wacana kenaikan harga tiket naik ke area stupa Candi Borobudur, Ganjar menilai ada hikmah positif yang bisa diambil.

Sebab, ujar dia, banyak kelompok masyarakat yang merasa memiliki turut bersuara.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rencana pemberlakuan kenaikan harga tiket Candi Borobudur ditunda selama satu tahun sambil menunggu evaluasi terkait pengelolaan candi sedang dilakukan saat ini.

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bijaksana menunda rencana kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close