Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Sampaikan Konsep Hilirisasi Industri Digital kepada Musisi Tanah Air

Kamis, 10 Agustus 2023 – 15:39 WIB
Ganjar Sampaikan Konsep Hilirisasi Industri Digital kepada Musisi Tanah Air - JPNN.COM
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo bersama sejumlah musisi dan pegiat seni. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo mendapat kunjungan sukarelawan ExtravaGanjar yang terdiri dari aktor, musisi, pegiat film, hingga konten kreator tersohor tanah air seperti Adi Adrian Kla Project, Once Mekel, Anang Hermansyah, hingga Budi Ace kakak kandung Abdee ‘Slank’.

Puluhan anggota musisi dan pegiat seni tersebut mengunjungi Ganjar di Kantor Badan Penghubung Jawa Tengah (Jateng), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/8) malam.

Dalam kesempatan itu, Ganjar berdialog santai bersama mereka. Salah satu bahasan yang disampaikan Ganjar adalah konsep hilirisasi industri digital sebagai langkah memajukan dunia kreatif Indonesia.

Di dalam konsep tersebut, Ganjar menjelaskan terdapat banyak peran besar para pelaku industri kreatif untuk memajukan sektor ini. Sehingga mereka adalah subjek utama yang mesti diperhatikan.

“Terkait dengan hilirasi industri digital, di dalamnya ada ekonomi kreatif dan mereka para seniman juga masuk di ruang itu. Tentu ini yang penting untuk kami bereskan,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (10/8).

Ganjar menuturkan dalam hilirisasi digital perlu peran serta pemerintah untuk melakukan pendataan menyeluruh di ruang maya. Seperti data musisi dan lagu sebagai bekal dalam urusan royalti.

Berdasarkan penetapan LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional), Ganjar menyampaikan tarif royalti untuk musisi diperoleh dari 2 persen dari hasil kotor penjualan tiket + 1 persen dari tiket yang digratiskan (complementary ticket).

Ganjar menyebut bahwa aturan itu mesti ditegakkan dari penyelenggara konser. Maka dari itu hilirisasi industri digital penting dilakukan supaya aturan tersebut semakin kuat dipegang para seniman hingga musisi.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo menyampaikan soal konsep hilirisasi industri digital kepada para musisi tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close