Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Siap Datangkan Ahli Geologi di Batang

Sabtu, 22 Februari 2020 – 05:00 WIB
Ganjar Siap Datangkan Ahli Geologi di Batang - JPNN.COM
PENINJAUAN: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan peninjauan pembangunan Ruas Tol Batang Semarang di Daerah Pasekaran Kabupaten Batang,(12/10). Foto: Dhia/Radar Pekalongan Ilustrasi

jpnn.com, PEKALONGAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, pemprov siap mendatangkan ahli geologi dan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) untuk meneliti penyebab tanah ambles di Desa Jolosekti, Kabupaten Batang.

"Di daerah Jawa Tengah memang rawan bencana mulai dari tanah ambles dan lainnya. Bencana tersebut berpotensi terjadi di banyak tempat," kata Ganjar saat mengunjungi korban banjir di Desa Kalipucang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (21/2) malam.

Ia mengatakan, terjadinya bencana bisa disebabkan adanya kerusakan alam sehingga semua pihak harus ikut menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghijauan dan terasiring.

Namun demikian, kata dia, terhadap kasus amblesnya tanah di Desa Jolosekti ini perlu dilakukan pengecekan terhadap kondisi tanah itu dengan mendatangkan ahlinya.

Menurut dia, setelah diteliti oleh tim ahli nanti akan diketahui seberapa besar potensi kerawanannya terhadap kondisi tanah tersebut pada masyarakat.

"Hal ini menjadi penting agar masyarakat tahu dan memahami risikonya dan dapat diminimalisasi dampaknya," kata politikus PDI Perjuangan tersebut.

Bupati Batang Wihaji mengatakan tanah ambles di Desa Jolosekti ini menjadi perhatian serius oleh pemkab karena mengganggu akses jalan antardesa dan permukiman.

"Oleh karena itu, jika tidak ditangani secara cepat dan serius maka dikhawatirkan dapat berpotensi bencana yaitu longsor," katanya. (antara/jpnn)

Menurut Ganjar, mereka nanti akan meneliti penyebab tanah ambles di Desa Jolosekti, Kabupaten Batang.

Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close