Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Tidak Ingin Pembangunan Menyebabkan Krisis Pangan dan Air

Rabu, 25 Oktober 2023 – 22:29 WIB
Ganjar Tidak Ingin Pembangunan Menyebabkan Krisis Pangan dan Air - JPNN.COM
Bacapres Ganjar Pranowo mengisi kuliah umum bagi mahasiswa se-Lampung yang bertajuk ‘Menyongsong Kepentingan Indonesia Emas 2045’ di Universitas Bandar Lampung, Mahligai Agung Convention Hall, Provinsi Lampung, Rabu (25/10). Foto: Tim GP

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo mengatakan dirinya sudah mempunyai strategi untuk menghadapi krisis pangan dan air yang akan dialami berbagai negara di dunia.

Hal itu dikatakan Ganjar menjawab pertanyaan dari salah satu peserta ketika mengisi kuliah umum bagi mahasiswa se-Lampung yang bertajuk ‘Menyongsong Kepentingan Indonesia Emas 2045’ di Universitas Bandar Lampung, Mahligai Agung Convention Hall, Provinsi Lampung, Rabu (25/10).

“Apa yang mesti dilakukan? Segera kami kembali pada posisi kondisi yang ada. Apa itu? Berapa mata air yang mesti kita konservasi, bagaimana lahan pertanian, pangan berkelanjutan mesti disiapkan,” ujar Ganjar.

Ganjar menilai perlu melibatkan berbagai pihak untuk mencegah terjadinya krisis pangan dan air di Indonesia. Semisalnya berkolaborasi antara lembaga pemerintah dengan universitas hingga perusahaan-perusahaan.

“Bicara hulunya, maka produktivitasnya mesti tinggi, kasih saja tugas universitas, perusahaan kasih tugas, lembaga penelitian kasih tugas,” jelas Ganjar.

Di samping itu, eks gubernur Jawa Tengah itu juga mengingatkan pentingnya pemetaan dengan melibatkan masyarakat setempat sebelum dilakukan sebuah pembangunan.

“Udaranya kualitas airnya, ya, menjaga hutannya, mana mesti dikonservasi dan mana dieksploitasi. Mem-balance ini adalah perencanaan yang dibutuhkan dan melibatkan masyarakat,” tutur Ganjar.

Ganjar menginginkan pembangunan tersebut tidak memberikan dampak yang malah membuat Indonesia menjadi krisis pangan dan air.

Ganjar menginginkan pembangunan tidak memberikan dampak yang malah membuat Indonesia menjadi krisis pangan dan air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close