Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gantikan India, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Dapat Kepercayaan Besar dari WCO

Jumat, 17 Juli 2020 – 19:06 WIB
Gantikan India, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Dapat Kepercayaan Besar dari WCO - JPNN.COM
Foto: kiriman dari Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Berdasarkan keputusan Sidang Dewan World Customs Organization (WCO) ke 135/136 yang digelar 25-27 Juni 2020, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) ditetapkan menjadi WCO Asia Pacific Vice-chair (WCO A/P Vice-chair) periode 2020-2022 mulai 1 Juli 2020 menggantikan India.

Vice-chair merupakan koordinator setiap kawasan yang mempunyai tugas utama mengkoordinir kegiatan, mendorong kemajuan negara anggota, serta mewakili dan menyuarakan kepentingan regional dalam kerja sama WCO maupun forum kerja sama internasional lainnya.

Dalam pelaksanaan tugas sebagai Vice-chair, DJBC akan bertindak sebagai wakil kawasan dalam berbagai pertemuan di WCO maupun pertemuan dalam forum kerja sama internasional lainnya.

Selain itu, tanggung jawab Vice-chair termasuk mengelola berbagai kegiatan di tingkat regional guna mendorong pencapaian A/P Regional Strategic Plan, mengelola website WCO A/P sebagai sarana pertukaran informasi antarnegara anggota, menerbitkan WCO A/P Customs News.

Kemudian menjadi host Regional Contact Point (RCP) meeting yaitu pertemuan antar Contact Point masing-masing administrasi pabean yang biasanya dihadiri pejabat setingkat Direktur, serta pertemuan Regional Head of Customs Administrative (RHCA) meeting yaitu pertemuan tingkat Direktur Jenderal guna menentukan arah kebijakan regional, pengambilan keputusan atas nominasi perwakilan regional, serta pengesahan atas inisiatif yang disampaikan pada working level meeting seperti RCP.

Dalam rangka peresmian Kantor Vice-chair, serta sosialisasi kepada kalangan internal DJBC tentang tugas dan fungsi Vice-chair, telah diselenggarakan Virtual Launching DJBC sebagai WCO A/P Vice-chair pada hari Rabu (15/7).

Acara via daring ini dihadiri kurang lebih 420 peserta yang terdiri dari Direktur Jenderal, perwakilan Organisasi Internasional, Regional Office for Capacity Building Asia Pacific (ROCB AP), Regional Intelligence Liaison Office Asia Pacific (RILO AP) Kedutaan Besar dan Atase yang berkedudukan di Jakarta, jajaran Eselon II, serta perwakilan pegawai dari kantor Bea Cukai seluruh Indonesia.

Virtual launching diawali dengan penyampaian sambutan Sekretaris Jenderal WCO, Kuniyo Mikuriya, Chairman India Customs selaku Vice-chair periode sebelumnya, serta sambutan dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi.

Ini merupakan salah satu upaya percepatan pencapaian visi DJBC menjadi institusi kepabeanan dan cukai terkemuka di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close