Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Rapat Koordinasi, Bea Cukai Pastikan Kelancaran Implementasi NLE di 2 Wilayah Ini

Kamis, 08 Juni 2023 – 20:34 WIB
Gelar Rapat Koordinasi, Bea Cukai Pastikan Kelancaran Implementasi NLE di 2 Wilayah Ini - JPNN.COM
Bea Cukai terus berupaya menjalin sinergi antarinstansi yang diyakini menjadi kunci sukses akselerasi implementasi NLE. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - National Logystic Ecosystem (NLE) merupakan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen, sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

Dalam menyukseskan program NLE di Indonesia, pemerintah melalui Bea Cukai terus berupaya menjalin sinergi antarinstansi yang diyakini menjadi kunci sukses akselerasi implementasi NLE.

Sinergi tersebut, diwujudkan melalui rapat koordinasi yang digelar di Banyuwangi dan Gresik, Jawa Timur.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan salah satu pelabuhan yang akan menjadi sasaran diterapkannya NLE adalah Pelabuhan Tanjung Wangi di Kabupaten Banyuwangi.

"Karena NLE akan menghadirkan skema baru dalam tatanan logistik, pastinya dibutuhkan persiapan yang matang supaya mampu mewujudkan ekosistem logistik yang sehat, kompetitif, dan mendukung kelancaran serta transparansi lalu lintas barang dan data logistik," ungkap dia

"Untuk itu, sebagai salah satu instansi vertikal penggerak persiapan implementasi NLE di Pelabuhan Tanjung Wangi, Bea Cukai Banyuwangi, bersama dengan instansi vertikal lainnya," sambungnya.

Dalam rapat pertama, Bea Cukai Banyuwangi mengajak perwakilan Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya Wilayah Kerja Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (Barantan), Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Banyuwangi (BKIPM), dan PT Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Wangi untuk membahas implementasi Single Submission Quarantine-Customs (SSmQC) NLE.

Hasil dari rapat tersebut adalah seluruh instansi menyatakan komitmen dan sikap untuk mendukung program NLE, dibuktikan dengan pelaksanaan koordinasi secara berkelanjutan, penetapan timeline, program kerja, susunan tim kerja, SOP bersama, dan penyusunan database NLE.

Bea Cukai terus berupaya menjalin sinergi antarinstansi yang diyakini menjadi kunci sukses akselerasi implementasi NLE.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close