Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Guncang Muna Barat Sultra, Ini Kekuatan dan Dampaknya

Sabtu, 15 Oktober 2022 – 15:47 WIB
Gempa Guncang Muna Barat Sultra, Ini Kekuatan dan Dampaknya - JPNN.COM
Gempa mengguncang wilayah Muna Barat Sultra pada Minggu (15/10) sore, ini kekuatan dan dampaknya. Ilustrasi Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, MUNA BARAT - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara pada Minggu (15/10) sekitar pukul 14.50 WITA.

Berdasarkan info BMKG, gempa bumi yang mengguncang Muna Barat termasuk gempa dangkal dengan kedalaman 3 kilometer dengan kekuatan bermagnitudo 3,9.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rudin menyebutkan lokasi gempa berada pada koordinat 4,90 Lintang Selatan dan 122,38 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2,5 km barat daya Tiworo Selatan, Muna Barat.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa ini merupakan gempa bumi susulan," kata Rudin.

Sebelumnya, BMKG menyatakan aktivitas sesar lokal memicu gempa bumi dangkal dengan magnitudo 3,2 di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Jumat (14/10) pukul 04.03 Wita.

Rudin menerangkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di barat daya Tiworo Selatan, Kabupaten Muna Barat.

Gempa tersebut berpusat sekitar 2,5 kilometer tenggara Kecamatan Tiworo Selatan, Muna Barat pada skala III sampai IV MMI.

Pada skala III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa mengguncang wilayah Muna Barat Sultra pada Minggu (15/10) sore, ini kekuatan dan dampaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close