Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa, Puluhan Rumah dan Sekolah Runtuh

Selasa, 26 April 2011 – 06:47 WIB
Gempa, Puluhan Rumah dan Sekolah Runtuh - JPNN.COM
ANDOOLO - Gempa bumi yang terjadi di Sesar Wolasi menyebabkan puluhan rumah warga di Kecamatan Kolono dan Moramo hancur hingga rata dan tanah. Selain rumah warga beberapa fasilitas umum seperti Pasar Awunio, Balai Desa Meletumbo, SMP 2 Kolono, SMP 4 Kolono ikut rusak.

Akibatnya, dua warga Lakomea  Kecamatan Moramo,  Aco dan Sunarsih  tertimpa reruntuhan rumah sehingga menyebabkan patah tulang. Keduanya langsung dibawah ke Puskesmas terdekat. Gempa yang terjadi diperairan laut Kolono, Torobulu dan Laonti tersebut membuat membuat panik ribuan warga. Takut terjadi tsunami, warga akhirnya memilih mengungsi di dataran tinggi.

"Hampir seluruh warga langsung lari menyelamatkan ke Gunung-gunung di Kolono. Rumah yang hancur rata dengan tanah tercatat sementara mencapai 38 rumah dan yang rusak ringan mencapai ratusan. Pemukiman warga yang rusak itu terjadi di 11 Desa di Kecamatan Kolono," ujar Camat Kolono M Yusuf saat ditemui di Desa Awunio, Senin (25/4).

Mantan Kabid Pemerintahan Desa BPMD Konsel itu menambahkan, saat ini pendataan rumah warga yang tertimpa bencana masih dilakukan, khususnya kepada warga yang kondisi rumahnya tidak dapat ditinggali. Pendataan ini untuk selanjut diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk mendapatkan perhatian, terutama pemberian pangan dalam masa tenggat waktu beberapa hari. "Seluruh perangkat Kecamatan dan Desa sudah melakukan pendataan. Bahakan sejumlah kepala desa membatalkan keberangkatan mengikuti HUT Sultra di Bau-bau,"tandasnya.  (era/awa/jpnn)

ANDOOLO - Gempa bumi yang terjadi di Sesar Wolasi menyebabkan puluhan rumah warga di Kecamatan Kolono dan Moramo hancur hingga rata dan tanah. Selain

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA