Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Genset Palsu Banyak Beredar, Konsumen Harus Hati-Hati

Jumat, 14 Juni 2024 – 12:58 WIB
Genset Palsu Banyak Beredar, Konsumen Harus Hati-Hati - JPNN.COM
Salah satu model genset Isuzu Jiangxi yang dijual di pasaran. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Pada era digital saat ini, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok. Tak heran genset laku keras terutama saat terjadi pemadaman listrik bergilir.

Baru-baru ini terjadi pemadaman listrik hampir secara merata di Sumatera, mulai dari Lampung hingga Aceh. Tak ayal, warga menyerbu toko-toko genset hingga stok habis seperti terjadi di Lampung pada awal Juni 2024.

Para konsumen pun diminta untuk lebih hati-hati dalam memilih genset. Ini karena ada genset palsu yang diedarkan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Seperti genset Isuzu Jiangxi yang bisa ditemukan genset Isuzu palsu. Sekilas memang terlihat sama dikarenakan model yang serupa.

Namun kualitas yang berbeda serta nomor seri yang tertera bukanlah nomor milik merek genset tersebut. Isuzu asli sendiri memiliki nomor seri JE493DB sedangkan pada Isuzu palsu memiliki seri tipe 4JB1.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui genset asli dan palsu? Berikut membedakan genset asli dan palsu.

Adapun ciri genset Isuzu asli memiliki sertifikasi standarisasi ISO 9001. Kemudian dilengkapi dengan Certify Card dan COO (Certificate Of Origin), tipe engine JX ISUZU original JE493DB dengan kapasitas 25,30,40 KVA.

Selanjutnya garansi, sparepart, purnajual semua resmi dari JX ISUZU. Authorization (surat penunjukan resmi) dari JX ISUZU dan surat tanda pendaftaran sebagai distributor barang produksi luar negeri.

Masyarakat harus lebih waspada dan hati-hati sebelum membeli mesin genset yang dijual di pasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close