Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Geo Dipa Lakukan Groundbreaking PLTP Small Scale Dieng 10 Mw

Rabu, 10 Juli 2019 – 22:36 WIB
Geo Dipa Lakukan Groundbreaking PLTP Small Scale Dieng 10 Mw - JPNN.COM
Geo Dipa Energi. Foto: dok jpnn

jpnn.com, DIENG - PT Geo Dipa Energi (Persero) melakukan Groundbreaking Proyek PLTP Small Scale Dieng 10 MW di Lapangan Panas Bumi Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, pada Rabu (10/7).

PLTP Small Scale Dieng sebesar 10 MW yang akan beroperasi pada akhir 2020 telah masuk dalam program strategis nasinal RUPTL (2019-2018), Road Map Panas Bumi EBTKE 2017-2025, bahkan termasuk Kegiatan Prioritas Pemantauan Kantor Staf Presiden Jokowi yang selalu dimonitor guna peningkatan Kapasitas Terpasang PLTP di Indonesia.

Dirut Geo Dipa, Ricki Firmanda Ibrahim menjelaskan proyek Small Scale 10 MW sudah direncanakan sejak 2012, namun baru hari ini pihaknya bisa merealisasikan pembangunannya, dan rencananya akan selesai pada 2020.

"Kami juga sedang mempersiapkan 10-15 MW Organic Rankine Cycle Power Plant, dengan mekanisme BOT yang akan beroperasi pada 2020 atau 2021,” tutur Ricki.

Ricki melanjutkan, groundbreaking proyek PLTP Small Scale Dieng 10 MW merupakan langkah konkret rencana jangka panjang perusahaan sebagai BUMN Panas Bumi dan Special Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan dalam mendukung program pemerintah untuk penyediaan listrik tenaga panas bumi, yang aman dan ramah lingkungan serta memberikan manfaat peningkatan ekonomi Indonesia.

“Semua upaya ini dimaksudkan untuk mempercepat pemberian Dividen kepada Pemerintah,” tandasnya.

Proyek Small Scale Dieng juga berkontribusi dalam pencapaian target program pemerintah di sektor pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35 Ribu MW dan PT Geo Dipa Energi (Persero) ikut bertanggung jawab dalam memenuhi target Rencana Umum Energi Nasional di pemanfaatan energi setempat yang tersedia secara melimpah dalam memenuhi 23% pada tahun 2025 termasuk program upaya kontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca sesuai Paris Agreement (UU No. 16 Tahun 2016).

Saat ini PT Geo Dipa Energi (Persero) memiliki PLTP Dieng Unit 1 dan PLTP Patuha Unit 1 dengan kapasitas masing – masing 60 MW. Dalam waktu yang tidak lama, proses pembangunan PLTP Dieng 2 dan Patuha 2 juga akan selesai dengan kapasitas 60 MW.

Groundbreaking proyek PLTP Small Scale Dieng 10 MW merupakan langkah konkret rencana jangka panjang perusahaan sebagai BUMN Panas Bumi dan Special Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan dalam mendukung program pemerintah untuk penyediaan listrik te

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close