Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Kenduri Swarnabhumi 2024

GERATIK di Festival Biduk Gedang Selang Beangkut, Ingatkan Pentingnya Jaga Lingkungan

Senin, 29 Juli 2024 – 13:01 WIB
GERATIK di Festival Biduk Gedang Selang Beangkut, Ingatkan Pentingnya Jaga Lingkungan - JPNN.COM
Gerakan Sadar untuk Mengurangi Sampah Plastik (GERATIK) menjadi rangkaian dalam Festival Biduk Gedang Selang Beangkut yang digelar di Perkampungan Rumah Tuo Rantau Panjang Tabir dan Gelanggang Bantai Adat Kelurahan Dusun Baru, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Sabtu (27/7). Foto: source for jpnn

jpnn.com, MERANGIN - Masyarakat daerah aliran sungai (DAS) Batang Tabir, anak Sungai Batanghari menggelar Gerakan Sadar untuk Mengurangi Sampah Plastik (GERATIK).

GERATIK menjadi rangkaian dalam Festival Biduk Gedang Selang Beangkut yang digelar di Perkampungan Rumah Tuo Rantau Panjang Tabir dan Gelanggang Bantai Adat Kelurahan Dusun Baru, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Sabtu (27/7).

Festival Biduk Gedang Selang Beangkut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan budaya Kenduri Swarnabhumi 2024 yang mengukuhkan komitmen bersama dalam melestarikan kebudayaan dan menjaga lingkungan, utamanya lingkungan Sungai Batanghari.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menjelaskan Festival Biduk Gedang Selang Beangkut menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk mengingat kembali pentingnya menjaga lingkungan sebagai upaya menjaga warisan budaya setempat.

“Festival ini bukan hanya ajang seni dan budaya, tetapi juga wadah untuk menyampaikan pesan-pesan penting tentang pelestarian lingkungan," kata Ahmad Mahendra dalam keterangannya, Senin (29/7).

Mahendra berharap pesan dalam festival ini lebih mudah diterima dan diresapi oleh masyarakat luas.

Selain GERATIK, masyarakat juga melakukan penebaran benih ikan dan penanaman pohon di sekitar sungai.

Kegiatan tersebut, kata Mahendra, menjadi cara masyarakat Jambi menunjukkan perubahan besar yang dimulai dari langkah kecil.

GERATIK di Festival Biduk Gedang Selang Beangkut yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan budaya Kenduri Swarnabhumi 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA