Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

G.H. Universal Hotel Bandung Membudidayakan Maggot Mandiri

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 14:04 WIB
G.H. Universal Hotel Bandung Membudidayakan Maggot Mandiri - JPNN.COM
Budi daya maggot di G.H. Universal Hotel Bandung. Foto: dokumentasi G.H. Universal Hotel

jpnn.com, BANDUNG - G.H. Universal Hotel Bandung membudidayakan maggot mandiri di area hotel dalam program Green Team G.H. Universal Hotel Bandung.

Tujuannya ialah mengurangi sampah organik. Proses budi daya maggot dimulai dari pemilahan sampah organik, seperti sisa makanan, buah-buahan dan sayuran untuk dijadikan pangan Maggot. 

Tahapan pertama yang dilakukan adalah menentukan tempat khusus untuk budi daya maggot, lalu menyiapkan beberapa peralatan penunjang, seperti tanki, rak penyimpanan, dan beberapa alat-alat penunjang lain. Di tahap pertama budi daya ternak Maggot, G.H. Universal Hotel Bandung disupervisi oleh Kabut Indonesia.

G.H. Universal Hotel Bandung Membudidayakan Maggot Mandiri

Proses budi daya maggot di G.H. Universal Hotel dimulai sejak September 2022 dimulai dengan mengumpulkan sampah organik dari sisa makanan, buah-buahan, dan sayuran, khusus untuk sampah yang berukuran besar harus dilakukan pencacahan.

Jadi, ukuran menjadi kecil, setelah itu dilakukan beberapa tahapan di antaranya komposter–fermentasi–penambahan cairan EM4–lalu didiamkan selama 2 minggu dengan posisi wadah tertutup dengan sempurna.

Hasil dari beberapa tahapan tersebut adalah POC (pupuk organik cair) & pakan untuk maggot yang dihasilkan dari sampah organik, setelah telur menetas biarkan sekitar 1 minggu sampai larva benar-benar sudah terbentuk.

Waktu yang baik untuk panen maggot BSF adalah 2 sampai 3 minggu setelah telur menetas dan siap untuk dipanen.

G.H. Universal Hotel Bandung membudidayakan maggot mandiri untuk mendukung program pengurangan sampah organik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close