Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Golkar Dekati Timor Leste

Kamis, 08 September 2011 – 07:09 WIB
Golkar Dekati Timor Leste - JPNN.COM
JAKARTA - Golkar semakin intensif melakukan lobi internasional. Kemarin Ketua Umum Aburizal Bakrie mendarat di Timor Leste, negeri yang dulu bagian dari Indonesia. Dalam lobinya dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Kepresidenan Dili, Ical -sapaan Aburizal Bakrie- berjanji akan mendorong pemerintah Indonesia untuk membantu Timor Leste bergabung ASEAN. Namun, di sisi lain, Ical yang juga bernaluri pengusaha itu menginginkan peningkatan kerja sama bisnis dua negara.

Sebagaimana dalam siaran pers Golkar yang diterima Indopos (Grup JPNN), Golkar  akan secara khusus membicarakan itu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhiyino (SBY) yang juga ketua ASEAN. "Kami akan mengatakan kepada presiden bahwa Partai Golkar mendukung Timor Leste masuk menjadi anggota ASEAN secepatnya," katanya.

Meski begitu, pemerintah RI juga harus terlebih dahulu melakukan pendekatan dan membahas masalah tersebut dengan negara-negara anggota ASEAN. Sebab, saat ini ada satu negara anggota yang belum menyetujui masuknya Timor Leste ke dalam ASEAN.

"Memang, ada satu negara ASEAN yang belum menyetujui. Dan hal itu memang harus atas kesepakatan bersama, satu konsensus dari semua negara (anggota). Karena itu, Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) sebagai ketua ASEAN diharapkan dapat mempercepat prosesnya," terang Aburizal.