Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Bengkulu Berjanji Akselerasikan Warkop Digital demi Sukseskan DEDI DEWI

Jumat, 26 Februari 2021 – 20:49 WIB
Gubernur Bengkulu Berjanji Akselerasikan Warkop Digital demi Sukseskan DEDI DEWI - JPNN.COM
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (kiri) dan Wakil Gubernur Rosjonsyah saat upacara pelantikan di Istana Negara pada Kamis, 25 Februari 2021. Foto: BPMI Setpres 2021

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berkomitmen untuk mengakselerasi Warkop Digital demi mewujudkan program pemerintah Desa Digital Desa Wisata atau DEDI DEWI, yang merupakan platform untuk pengembangan ekonomi desa melalui digitalisasi masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Rohidin Mersyah saat upacara pelantikan bersama Wakil Gubernur Rosjonsyah di Istana Negara, Kamis (25/2).

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan pentingnya mendorong kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM yang digabungkan sektor pariwisata.

"Sekarang kita sudah launching satu dua tahun terakhir yang namanya DEDI DEWI, yang sejalan dengan program presiden Desa Digital dan Desa Wisata, di mana kopi hasil kebun rakyat menjadi komoditas utama yang kita sebut dengan Warung Kopi Digital, yang mencoba mensinergikan Desa Digital dengan Desa Wisata," kata Gubernur Rohidin Mersyah pada upacara pelantikan.

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan kehadiran Warkop Digital di 1.431 desa di Bengkulu akan menjadi pemicu, di mana Warkop Digital akan menggerakan ekonomi di tingkat desa yang selaras dengan era digitalisasi sekarang, apalagi di saat pandemi Covid-19.

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan Warkop Digital sebagai salah satu program unggulan untuk mewujudkan pembangunan Provinsi Bengkulu, yang memiliki beragam potensi untuk dikembangkan, dengan memberikan akses digital ke masyarakat luas untuk memasarkan komoditas unggulan Bengkulu.

Warkop Digital merupakan pemberdayaan masyarkat desa melalui layanan digital dengan kedai kopi sederhana, sebagai wadah fasilitasi pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan desa, pemasaran, percepatan akses, serta pelayanan informasi guna membangun usaha mikro dan lapangan pekerjaan di desa.

Program ini selaras dengan program pemerintah 2021 untuk menyerap 97 persen angkatan kerja untuk menggerakkan ekonomi Indonesia, salah satunya dengan usaha mikro atau UMKM. Namun, kurangnya literasi digital di pedesaan menjadi kendala mewujudkan program ini. Alhasil, Warkop Digital hadir untuk menutup celah dengan memberikan pemerataan akses digital ke masyarakat desa.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berkomitmen untuk mengakselerasi Warkop Digital demi mewujudkan program pemerintah Desa Digital Desa Wisata atau DEDI DEWI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close