Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Papua Sultan Zainal Abidin Syah Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 12 Maret 2020 – 15:10 WIB
 Gubernur Papua Sultan Zainal Abidin Syah Diusulkan jadi Pahlawan Nasional - JPNN.COM
Rektor UNJ Dr Komarudin MSi menilai Sultan Tidore Zainal Abidin Syah layak jadi Pahlawan Nasional. Foto : humas UNJ

jpnn.com, JAKARTA - Sultan Zainal Abidin Syah diusulkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional dari Kesultanan Tidore. Usulan tersebut disampaikan dalam seminar bertajuk 'Peran Sultan Zainal Abidin Syah dalam Mempertahankan Kedaulatan NKRI' di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (12/3).

Tim peneliti sejarah Sultan Zainal Abidin Syah, Suprianto Prasaga, mengatakan, negara tidak boleh melupakan kiprah Sultan Zainal yang dikenal sebagai tokoh patriotik dan nasionalisme tinggi.

"Beliau ini kan selain Sultan juga sebagai gubernur Papua pertama. Gubernur perjuangan pembebasan Irian Barat. Dia menyuarakan bahwa Irian Barat itu adalah bagian dari NKRI, yang dari kesultanan Tidore," kata Suprianto.

Suprianto menjelaskan, alasan kuat masyarakat Indonesia tidak boleh melupakan Zainal Abidin Syah karena patriotisme dalam dirinya sangat tinggi.

"Jadi, ada satu alasan tersendiri bahwa motor penggerak, dia harus mengambil keputusan (bergabung dengan NKRI), walaupun keputusan itu, dari berbagai kalangan, ada yang kontra. Dia tetap komitmen bahwa Tidore dan Irian Barat adalah bagian dari NKRI," tuturnya.

Suprianto melalui mengutip ucapan Soekarno mengenai sosok Sultan Zainal Abidin Syah. "Bung Karno bilang, 'kalau tidak ada Sultan Syah, tidak ada lagu dari Sabang sampai Merauke."

Sementara Rektor UNJ Dr Komarudin MSi dalam paparannya juga mendukung pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional.

Alasannya Sultan Zainal sangat patriotik dan nasionalistik karena kecintaannya kepada Republik Indonesia. Yang pada saat itu juga membawahi wilayah Papua.

Bung Karno pernah mengatakan kalau tidak ada Sultan Zainal Abidin Syah tidak ada lagu dari Sabang sampai Merauke.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close