Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Sumut: Pemda Alokasikan Dana Rp5 Miliar untuk Atasi Kolera Babi

Jumat, 20 Desember 2019 – 01:59 WIB
Gubernur Sumut: Pemda Alokasikan Dana Rp5 Miliar untuk Atasi Kolera Babi - JPNN.COM
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberikan keterangan tentang ternak babi mati akibat virus hog cholera. Foto: ANTARA/Munawar

jpnn.com, MEDAN - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memastikan pihaknya serius menangani kasus ribuan ekor babi akibat virus hog cholera atau kolera babi.

Itu ditunjukkan dengan menganggarkan dana sebesar Rp5 miliar untuk penangangan kasus yang bikin heboh tersebut.

“Kami akan menggunakan dana itu untuk kepentingan patroli ternak, mendirikan pos-pos penutup jalan ke luar dan masuknya ternak babi milik warga," kata Edy Rahmayadi, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Sumatera Utara, di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12).

Selain itu, Pemprov juga menyiapkan dana untuk sejumlah personel yang ikut membantu warga masyarakat menguburkan ternak babi yang mati dan juga pemusnahan hewan tersebut.

Hingga saat ini virus hog cholera masih menyerang ternak babi. Belum ada laporan bahwa virus tersebut menyerang binatang lain maupun manusia.

"Pemprov Sumut hingga kini masih memblokir penyebaran virus hog cholera itu dengan menggunakan vaksin, dan juga akan mengatasi wabah yang berbahaya bagi ternak babi," kata mantan Pangkostrad itu.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumatera Utara mencatat hingga kini sebanyak 27.070 ekor babi di Sumut mati akibat virus hog cholera.

Kepala Balai Veteriner Medan, Agustia, mengatakan bahwa kematian ternak babi ini sangat cepat yaitu yang terlapor rata-rata 1.000 hingga 2.000 ekor per hari.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memastikan pihaknya serius menangani kasus kematian ribuan ekor babi akibat virus hog cholera atau kolera babi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close