Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Sutarmidji: Untuk Apa Diberi Anggaran Kalau Menjadi Silpa

Optimistis Ekonomi Kalbar Tumbuh 3 Persen di Triwulan II-2021

Rabu, 02 Juni 2021 – 16:51 WIB
Gubernur Sutarmidji: Untuk Apa Diberi Anggaran Kalau Menjadi Silpa - JPNN.COM
Gubernur Kalbar Sutarmidji. ANTARA/Dedi

jpnn.com, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji optimistis ekonomi di Kalbar dapat tumbuh tiga persen pada Triwulan II-2021 nanti.

Menurutnya, pada Triwulan I-2021, ekonomi Kalbar masih minus 0,1 persen. Meski masih minus, kata dia, pertumbuhan ekonomi Kalbar tertinggi di regional Kalimantan.

Sutarmidji mengatakan pertumbuhan ekonomi tiga persen bisa tercapai dengan syarat antara lain belanja pemerintah daerah di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota harus maksimal.

"Belanja pemerintah pada Juli 2021 harus sudah terserap 30 persen. Dengan begitu, (pertumbuhan ekonomi) bahkan bisa mencapai empat persen. Itu angka realistis kita," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam pelantikan sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemprov Kalbar di Pontianak, Kalbar, Rabu (2/6).

Sutarmidji meminta organisasi perangkat daerah melakukan penyerapan anggaran dengan maksimal, sehingga bisa mendorong ekonomi daerah makin baik. "Jangan takut melakukan belanja dan penyerapan, namun semua tetap ikut aturan," katanya.

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Kalbar itu mengatakan kalau penyerapan masih rendah atau kurang dari 30 persen pada Juli 2021, maka anggaran dinas terkait akan dipotong. "Untuk apa diberi anggaran kalau menjadi silpa (sisa lebih pembiayaan anggaran)," ungkapnya.

Lebih lanjut Sutarmidji mendorong layanan perizinan dipercepat, sehingga investasi makin mudah dan nyaman di Kalbar. Menurutnya, pemerintah harus menjamin dan memberikan kemudahan layanan.

"Kami minta (kepala) dinas penanaman modal yang baru untuk menjalankan SOP (standar operasional prosedur) dengan transparan dan terus berinovasi. Harus terus ada perubahan dan perbaikan," pintanya.

Gubernur Sutarmidji membeber syarat pertumbuhan ekonomi Kalbar bisa tembus di angka tiga persen pada Triwulan II-2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close