Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Halim Dorong Penguatan Literasi untuk Mempercepat Pembangunan Desa

Minggu, 28 Januari 2024 – 12:01 WIB
Gus Halim Dorong Penguatan Literasi untuk Mempercepat Pembangunan Desa - JPNN.COM
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (kedua kiri) dalam Sosialisasi dan Dialog Publik Keputusan Mendes PDTT No 3/2024 tentang Taman Bacaan Masyarakat Desa di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (27/1). Foto: ANTARA/HO-Kemendes PDTT

jpnn.com, JOMBANG - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendorong penguatan literasi masyarakat desa.

Dia menilai dengan meningkatkan literasi masyarakat desa akan mempercepat pembangunan desa.

"Salah satu cara memahamkan desa punya masalah adalah melalui literasi. Literasi untuk masyarakat desa penting sebagai ruang edukasi dalam melaksanakan pembangunan," kata Gus Halim yang akrab disapa dikutip, Minggu (28/1).

Dia menilai literasi berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa yang merupakan kebutuhan utama dalam perencanaan hingga evaluasi pembangunan desa.

Menurut Gus Halim, agar gerakan literasi benar-benar berjalan secara menyeluruh di 75.265 desa di Indonesia, Kemendes PDTT mengeluarkan aturan yang menaungi terkait bacaan masyarakat desa.

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Mendes PDTT Nomor 3/2024 tentang Taman Bacaan Masyarakat Desa.

Gus Halim menilai dengan adanya regulasi yang mengatur tentang literasi desa, pemanfaatan dana desa untuk meningkatkan kualitas SDM dipastikan berjalan semakin cepat.

"Harapan kita tentu saja untuk meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat desa menjadi target utama," ujarnya.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menilai penguatan literasi masyarakat desa akan mempercepat pembangunan desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close