Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Halim Terharu Dapat Gelar Sutan Khalifah dari Warga Minangkabau

Sabtu, 20 Mei 2023 – 18:54 WIB
Gus Halim Terharu Dapat Gelar Sutan Khalifah dari Warga Minangkabau - JPNN.COM
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim mendapatkan gelar Sutan Khalifah dari warga Minangkabau melalui acara pengukuhan yang dilaksanakan di rumah gadang Datuk Djunjungan Nan Bagadiang, Kampungnya Jorong Talago, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Sabtu (20/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, LIMAPULUHKOTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendapatkan gelar Sutan Khalifah dari warga Minangkabau, Sumatera Barat.

Penyematan gelar sangsoko (kehormatan) ini diberikan kepada seseorang yang berjasa, berprestasi yang mengharumkan Minangkabau, agama Islam, bangsa dan negara serta bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya terharu dapat gelar Sutan Khalifah. Ini suatu kebanggaan buat saya dari warga Minangkabau," kata menteri yang akrab disapa Gus Halim saat menghadiri acara adat pengukuhan Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri menjadi kepala adat Suku Banuampu.

Pengukuhan ini dilaksanakan di rumah gadang Datuk Djunjungan Nan Bagadiang, Kampungnya Jorong Talago, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Sabtu (20/5).

Dalam kesempatan ini, Gus Halim menyampaikan Kemendes PDTT telah mengarahkan pembangunan di desa dengan SDGs Desa yang memiliki 18 arah tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Salah satunya SDGs Desa ke-18, yakni Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

"Ranah Minang menjaga kuat rumah simbolik budaya, adat, dan agama," kata Gus Halim.

Menurutnya, salah satu penyangga penting keberlanjutan rumah simbolik ini adalah keberlanjutan pemimpin adat yang meneruskan berbagai tindakan adat.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim mendapat gelar Sultan Khalifah dari warga Minangkabau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close