Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Habib Rizieq Pulang, Kabar Membahagiakan di Hari Pahlawan

Selasa, 10 November 2020 – 19:14 WIB
Habib Rizieq Pulang, Kabar Membahagiakan di Hari Pahlawan - JPNN.COM
Habib Rizieq. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, menyampaikan selamat datang kepada Habib Rizieq Shihab yang telah kembali ke Indonesia.

“Kepulangan Habib Rizieq bertepatan dengan Hari Pahlawan merupakan kabar yang membahagiakan. Karena pada hari Pahlawan, seluruh bangsa Indonesia diajak untuk mengingat kembali jasa para pahlawan,” kata Hidayat Nur Wahid secara daring di hadapan masyarakat Kabupaten Klaten Jawa Tengah dalam acara Temu Tokoh Nasional di Pondok Pesantren Takhfidzul Al Quran (PPTQ) Ibnu Abbas Klaten Jawa Tengah, Selasa (10/10/2020).

Menurut HNW sapaan Hidayat, Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November lahir berkat Resolusi Jihad yang disampaikan KH. Hasyim Asy’ari.

Untuk menghadapi ancaman Sekutu dan tentara Belanda yang hendak menjajah kembali, pendiri NU itu menyampaikan fatwa bahwa membela bangsa dan negara hukumnya adalah wajib. Terutama bagi warga yang berada di Surabaya dan sekitarnya.

Selanjutnya, mereka yang gugur dalam peperangan, berarti mati syahid. Sedangkan mereka yang berkhianat boleh diperangi.

“Berkat fatwa itulah arek-arek Surabaya berjuang mati-matian melawan Sekutu yang diboncengi tentara Belanda. Padahal, tentara Sekutu menggunakan senjata modern, tetapi arek-arek Surabaya yang tergabung dalam beberapa barisan, seperti Laskar Santri dan Laskar Hisbullah tidak mudah dikalahkan, hingga peperangan itu berlangsung hampir satu bulan lamanya,” kata Hidayat.

Sejarah tentang Hari Pahlawan pada khususnya dan perjuangan kemerdekaan Indonesia pada umumnya, menurut Hidayat harus diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia. Karena memahami sejarah dengan benar bisa meminimalisasi potensi bertambahnya oknum masyarakat yang mengalami Islamophobia maupun Indonesiaphobia.

“Saya tidak setuju dengan pendapat beberapa pihak yang mengusulkan penghapusan mata pelajaran sejarah dan agama. Pelajaran sejarah penting untuk mengajarkan masa lalu kepada generasi milenial agar mereka tahu perjuangan masa lalu para pahlawan termasuk ulama. Sedangkan pelajaran agama penting untuk memberikan pegangan, cara beragama yang benar sesuai kaidah masing-masing agama,” kata Hidayat lagi.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyampaikan selamat datang kepada Habib Rizieq Shihab yang telah kembali ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close