Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Kekeringan, Pandeglang Terapkan Percepatan Olah Tanam

Rabu, 25 September 2019 – 07:28 WIB
Hadapi Kekeringan, Pandeglang Terapkan Percepatan Olah Tanam - JPNN.COM
Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan strategi pengamanan produksi untuk menghadapi kekeringan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PANDEGLANG - Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan strategi pengamanan produksi untuk menghadapi kekeringan. Mulai dari pemanfaatan pompa, asuransi, bantuan benih, optimalisasi jaringan irigasi, hingga percepatan olah tanah atau tanam. Berbagai strategi itu ditempuh untuk mengamankan produksi pangan.

Gerakan percepatan olah tanah dan tanam padi pernah dilakukan di Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang. Pandeglang adalah kontributor beras untuk Banten 34 persen dan 1 persen untuk nasional.

Antisipasi terhadap kekeringan bisa dilakukan dengan gilir giring air, memprioritaskan air pada lahan yang sudah mengalami kekeringan dan melakukan percepatan olah tanah dan tanam.

“Identifikasi sumber air alternatif yang masih tersedia dan dapat dimanfaatkan melalui perpompaan dan irigasi air tanah dangkal,” ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, Selasa (24/9).

Selain itu, Kementan juga mengidentifikasi sumber-sumber air yang masih dapat dimanfaatkan dan menyalurkannya dengan pompa pada lahan sawah yang masih terdapat standing crop padi.

"Yang diusulkan dari sungai Cilenyer  dengan memanfaatkan pompa. Dibuat long storage yang dapat mengairi pesawahan seluas 400 ha di Kabupaten Pandeglang yang masuk dalam wilayah Kecamatan Cisata, picung dan Patia," sebutnya.

Upaya lain, jika terjadi kekeringan tetapi belum puso, akan dicari sumber air, normalisasi saluran, mobilisasi pompa dan koordinasi dengan instansi terkait.

“Jika kekeringan dan tidak bisa tanam padi akan diberi bantuan benih jagung dan kedelai,” tegasnya.

Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan strategi pengamanan produksi untuk menghadapi kekeringan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Kementan 
BERITA LAINNYA
X Close