Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Pemilu 2024, Polri Aktifkan Satgas Baru, TNI Dilibatkan

Jumat, 21 Juli 2023 – 14:02 WIB
Hadapi Pemilu 2024, Polri Aktifkan Satgas Baru, TNI Dilibatkan - JPNN.COM
Karopenmas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membentuk satuan tugas (satgas) dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024, melibatkan satuan kerja dari tingkat Mabes Polri, Polda hingga Polres, dan jajaran. Satgas ini juga melibatkan unsur TNI dalam pelaksanaannya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan, dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada serentak 2024, pihaknya menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Operasi Mantap Brata, kata dia, dilaksanakan oleh Mabes Polri dan satuan wilayah (Satwil) dengan didukung oleh TNI, instansi terkait dan mitra keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) lainnya dalam rangka pengamanan tahapan inti Pemilu 2023.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 dengan tugas pokok terlaksananya tahapan pemilu serentak secara tertib dan nyaman sehingga tercipat stabilitas pesta demokrasi serentak, kondusif.

“Tujuan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yaitu terpeliharanya kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat pada setiap tahapan pemilu guna menjamin pelaksanaan pesta demokrasi rakyat yang langsung, umum, bebas, dan rahasia,” kata Ramadhan di Jakarta, Jumat (21/7).

Di sisi lain, Ramadhan menyebutkan di tingkat Mabes Polri terdapat sembilan satgas. Lalu tingkat Polda tujuh satgas dan Polres enam satgas.

“Satgas Mabes Polri terdiri atas Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Tindak, Satgas Gakkum, Satgas Capres/Cawapres, Satgas Anti Teror, Satgas TPSLN, Satgas Humas dan Satgas Banops,” kata Ramadhan.

Tujuh satgas di tingkat Polda, yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Tindak, Satgas Gakkum, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 memiliki tugas pokok terlaksananya tahapan pemilu serentak secara tertib dan nyaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA