Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Ramadan dan Idulfitri, BI Lampung Siapkan Uang Kartal Rp 4,3 Triliun

Jumat, 15 Maret 2024 – 17:45 WIB
Hadapi Ramadan dan Idulfitri, BI Lampung Siapkan Uang Kartal Rp 4,3 Triliun - JPNN.COM
Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Lampung. Senen Mustakim, didampingi Kepala Perwakilan BI Lampung Junanto Herdiawan saat melakukan penukaran uang (ANTARA/Agus Wira Sukarta) (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

jpnn.com - BANDAR LAMPUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan uang kartal Rp 4,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar masyarakat menghadapi Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah.

"Angka ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar Rp 3,3 triliun atau meningkat sebesar 30,3 persen," kata Kepala Perwakilan BI Lampung Junanto Herdiawan, Jumat pada penukaran uang bertajuk 'Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024'.

Dia menjelaskan bahwa acara mengangkat tema edukasi dan komunikasi "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Berkah" yang selaras dengan aspek paham rupiah melalui perilaku belanja bijak sesuai kebutuhan.

Junanto juga mengajak masyarakat untuk menggunakan metode pembayaran secara non-tunai seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Pembayaran secara non-tunai menawarkan kepraktisan, efisiensi, dan menghemat waktu serta terhindar dari peredaran uang palsu di tengah masyarakat," ujarnya.

Pada kegiatan layanan penukaran uang rupiah juga dilakukan sosialisasi terkait cinta, bangga, dan paham rupiah dan mendorong penggunaan QRIS di kalangan masyarakat.

Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup.

Sekaligus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia, yakni rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta makin memperluas pemahaman warga mengenai QRIS.

BI Lampung menyiapkan uang kartal Rp 4,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar masyarakat menghadapi Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close