Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadiri Silatnas APDESI, Sultan Minta BUMDes Jadi Inkubator Ekonomi Desa

Selasa, 29 Maret 2022 – 21:19 WIB
Hadiri Silatnas APDESI, Sultan Minta BUMDes Jadi Inkubator Ekonomi Desa - JPNN.COM
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin saat menghadiri acara silaturahmi Nasional Asosiasi pemerintahan Desa se-Indonesia (APDESI) di Senayan, Jakarta pada Selasa (29/3). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin mendorong Pemerintah Desa se-Indonesia melakukan terobosan kebijakan ekonomi dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai mesin penggerak ekonomi sekaligus sentral inkubasi bisnis masyarakat desa.

Hal ini disampaikan Sultan saat menghadiri acara silaturahmi Nasional Asosiasi pemerintahan Desa se-Indonesia (APDESI) di  Senayan, Jakarta pada Selasa (29/3).

Pada prinsipnya, kata Sultan, tidak ada desa di Indonesia yang tidak memiliki potensi bisnis dan ekonomi.

“Pada saat yang sama dukungan fiskal dan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah sangat berpihak pada desa, itu kekuatan dan peluang yang harus kita syukuri dan maksimalkan bersama,” ujar mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Sultan mengaku pihaknya sangat mengapresiasi dukungan politik anggaran dan kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal yang selalu konsentrasi penuh terhadap kemajuan ekonomi Desa.

“Kami percaya, apa yang menjadi harapan APDESI kepada Presiden hari ini akan menjadi komitmen bersama kami sebagai wakil daerah dan pemerintah untuk ditindaklanjuti,” ujar Sultan.

Menurut dia, dengan semua potensi dan dukungan yang ada, desa berpotensi besar menjadi soko guru kemandirian dan kedaulatan ekonomi nasional khususnya di sektor pertanian, kelautan dan perdagangan. Hal itu akan menjadi mungkin dengan adanya dukungan digitalisasi pasar saat ini.

“Tidak mudah untuk mewujudkan mimpi kemandirian desa, namun itu sangat mungkin jika pemerintah desa memahami masalah dan memahami trend bisnis saat ini. Kuncinya adalah pada kolaborasi dan kepiawaian manajemen BUMDes dalam berinovasi. Sudah banyak desa yang membuktikan itu,” kata mantan ketua HIPMI Bengkulu itu.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mendorong pemberdayaan BUMDes sebagai mesin penggerak ekonomi sekaligus sentral inkubasi bisnis masyarakat desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close