Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hamdan Zoelva Sah Menjabat Wakil Ketua MK

Kamis, 22 Agustus 2013 – 12:06 WIB
Hamdan Zoelva Sah Menjabat Wakil Ketua MK - JPNN.COM
Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva (tengah) resmi menjabat sebagai Wakil Ketua MK. FOTO: dok/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2013-2016. Hamdan sah menjadi Wakil Ketua MK setelah mengikuti Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi di Ruang Sidang Pleno MK, Jakarta, Kamis, (22/8).

Jabatan baru ini diemban Hamdan untuk menggantikan Achmad Sodiki yang sudah memasuki masa purnabakti 12 Agustus 2013 lalu.

"Saya akan memenuhi kewajiban Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan UUD 1945," kata Hamdan dalam pengucapan sumpah.

Pemilihan Hamdan ini sesuai dengan Pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan MK Nomor 03/PMK/2012 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK. Pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat dalam Rapat Pleno Hakim yang tertutup untuk umum.

Dalam pemungutan suara, Hamdan mengalahkan calon lainnya, Achmad Fadili Sumadi dengan selisih 2 suara. Hamdan mendapat 5 suara, sementara Fadili memperoleh 3 suara. Sedangkan 1 suara lainnya menyatakan abstain. (flo/jpnn)

 

JAKARTA - Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2013-2016. Hamdan sah menjadi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA