Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harapan Arsul PPP kepada Presiden Jokowi soal Dewas KPK

Jumat, 13 Desember 2019 – 19:49 WIB
Harapan Arsul PPP kepada Presiden Jokowi soal Dewas KPK - JPNN.COM
Arsul Sani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal segera menetapkan nama-nama untuk Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK). Pelantikan Dewas lembaga antirasyah itu akan dilaksanakan bersamaan pengambilan sumpah jabatan komisioner KPK 2019-2023.

Sejauh ini Presiden Jokowi belum memutuskan nama-nama yang akan menjadi Dewas KPK. Hanya saja, anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengingatkan Presiden Jokowi tidak menunjuk politikus yang aktif di kepengurusan parpol menjadi Dewas KPK.

Arsul mengkhawatirkan Dewas KPK akan terlibat konflik kepentinga jika anggota-anggotanya dari kalangan politisi. "Kecuali kalau orang itu jadi politikus tetapi sudah menjadi pejabat publik yang lain," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (13/12).

Lebih lanjut sekretaris jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut nama mantan legislator PDI Perjuangan Gayus Lumbuun. Arsul mengatakan, Gayus setelah tak di DPR menjadi hakim agung.

Karena itu Arsul tak mempersoalkan jika Gayus yang sudah lama tak aktif di parpol menjadi Dewas KPK. “Dia sudah terpisah dari dunia politik, kemudian menjadi hakim agung," ujarnya. 

Namun, Arsul juga mewanti-wanti Presiden Jokowi tak politikus yang baru berhenti dari DPR menjadi Dewas KPK. “Kurang pas untuk itu,” tegasnya.(boy/jpnn)


Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengingatkan Presiden Jokowi tidak menunjuk politikus yang aktif di kepengurusan parpol menjadi Dewas KPK.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close