Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Cabai Anjlok, Johan Rosihan Desak Pemerintah Lakukan Ini

Kamis, 09 September 2021 – 09:57 WIB
Harga Cabai Anjlok, Johan Rosihan Desak Pemerintah Lakukan Ini - JPNN.COM
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan ikut prihatin dengan anjloknya harga cabai di pasaran. Banyak petani gelisah bahkan marah karena harga cabai yang merosot tajam.

Johan mengingatkan pemerintah segera menyikapi agar harga cabai stabil samai saat panen cabai.

“Saya minta pemerintah segera stabilkan harga cabai karena jika dilihat dari data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional maka telah terjadi kemerosotan harga cabai besar sebanyak 3,38% dan cabai rawit merah juga merosot 1,83% demikian juga untuk cabai merah kriting harga turun sebesar 2,77%,” kata Johan, Kamis (9/9).

Politikus PKS ini mendesak pemerintah menyiapkan solusi konkret untuk stabilisasi harga cabai serta membuat kebijakan agar harga cabai bisa menguntungkan petani.

Dia berharap ada desain strategi supaya pemerintah melakukan sebaran produksi cabai dan memperbaiki industri cabai nasional karena terjadinya disparitas harga cabai antar daerah karena pusat produksi cabai terkonsentrasi di Pulau Jawa.

“Saya minta segera perbaiki industri cabai agar dinamika produksi dan volatilitas harga cabai dapat terkendali,” ujar Johan.

Legislator Senayan dari Pulau Sumbawa ini menilai sampai saat ini belum ada solusi konkret dari pemerintah untuk menstabilkan harga cabai yang bisa menguntungkan petani.

Untuk itu, Johan Rosihan selalu mendorong pemerintah agar membantu petani dalam menghadapi berbagai kesulitan karena menurutnya para petani selalu mengalami kerugian dalam berusaha tani cabai dan selalu mengalami harga jual yang rendah, serangan OPT (organisme pengganggu tanaman) dan modal yang terbatas.

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan ikut prihatin dengan anjloknya harga cabai di pasaran. Banyak petani gelisah bahkan marah karena harga cabai yang merosot tajam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close