Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Kesepakatan, Tidak Ada Pengibaran Bintang Kejora

Kamis, 01 Desember 2011 – 11:29 WIB
Hasil Kesepakatan, Tidak Ada Pengibaran Bintang Kejora - JPNN.COM
MANOKWARI - Puncak peringatan HUT Kemerdekaan Bangsa Papua, yang jatuh pada tanggal 1 Desember (hari ini, red), akan diperingati di seluruh tanah Papua. Dan di Manokwari, ribuan rakyat Papua akan melakukan aksi longmarch dari Kantor DAP di Jalan Pahlawan menuju Lapangan Borarsi. Direncanakan di Lapangan Borarsi, massa akan menggelar Doa Bersama.

Hal ini terungkap setelah adanya kesepakatan dalam pertemuan antara masyarakat adat dengan aparat keamanan yang difasilitasi Bupati Manokwari, yang digelar di ruang pertemuan Bupati Manokwari, kemarin. Pertemuan yang berlangsung selama empat jam lamanya dan sempat tegang tersebut, terjadi karena masing-masing pihak mempertahankan pendapat.

Tokoh adat dan tokoh masyarakat Papua, menginginkan agar puncak peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Papua tersebut dilaksanakan pengibaran Bendera Bintang Kejora. Namun di sisi lain, Kapolres, Dandim dan Kepala Fasharkan TNI AL, mempertahankan agar dalam acara itu tidak ada pengibaran bendera Bintang Kejora.

Akibat adanya pro dan kontra tersebut, akhirnya pertemuan itu pun diskors selama satu jam lamanya. Pertemuan baru dilanjutkan pada pukul 13.30 WIT.  Dalam pertemuan tersebut, Kapolres Manokwari, AKBP Agustinus Supriyanto mengatakan, pihaknya tetap akan mengamankan jalannya perayaan tersebut, selama tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan. Pihaknya tetap akan mengambil tindakan tegas jika ada peserta perayaan atau pihak lain yang mengibarkan bendera Bintang Kejora.

MANOKWARI - Puncak peringatan HUT Kemerdekaan Bangsa Papua, yang jatuh pada tanggal 1 Desember (hari ini, red), akan diperingati di seluruh tanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close