Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei ICRC: PKN Berpeluang Lulus ke Parlemen

Jumat, 09 Februari 2024 – 22:42 WIB
Hasil Survei ICRC: PKN Berpeluang Lulus ke Parlemen - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) ICRC Hadi Suprapro Rusli mengeluarkan rilis hasil survei nasional yang dilakukannya pada Jumat (9/2/2024). Foto: Dok. Humas ICRC

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) mengeluarkan rilis hasil survei nasional yang dilakukannya pada tanggal 26 Januari-1 Februari 2024.

Survei tersebut dilakukan melalui wawancara via telepon oleh pewawancara terlatih dengan sampel sebanyak 1.230 responden.

Hasilnya menunjukkan ada sekitar 10 partai politik (parpol) yang berpeluang untuk masuk ke DPR RI pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 ini.

Rangking pertama masih ditempati PDIP (21,1 persen), Gerindra (18,1 persen), Golkar (9,8 persen), Nasdem (8,6 persen), PKB (8 persen), PKS (7,1 persen), Partai Demokrat (5 persen), PAN (4,8 persen), Perindo (4,3 persen) dan PPP (4,1 persen).

“PDIP berpeluang mencetak hattrick pada Pemilu 2024 ini secara keseluruhan jika Pemilu digelar hari ini ada 10 parpol yang lulus ke Senayan atau mencapai ambang batas (parliamentary threshold) sebesar empat persen,” ujar Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapro Rusli pada Jumat (9/2/2024).

Dia menjelaskan meski PPP dan Perindo mendapat angka 4 persen persen, tetapi masih ada potensi untuk tidak masuk DPR, jika mesin partainya tidak bergerak secara maksimal pada hari H pemilihan. Sebab angka 4 persen tersebut masih dalam margin of error.

“Posisi PPP dan Perindo ini rawan terdegradasi karena masih dalam margin of error. Kedua, partai itu bisa terdepak oleh partai baru jika tidak memaksimalkan sisa waktu yang ada sebelum pencoblosan ini,” ungkap Hadi.

Lebih lanjut, Hadi memaparkan dua partai baru itu, adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan juga Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang membuntuti di bawah dengan elektabilitas PSI sebesar 3,1 persen dan PKN 2,3 persen.

Lembaga Survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) mengeluarkan rilis hasil survei nasional yang dilakukannya pada tanggal 26 Januari-1 Februari 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close