Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasto Banggakan Spirit Kiai Menjaga NKRI

Minggu, 29 Januari 2017 – 16:51 WIB
Hasto Banggakan Spirit Kiai Menjaga NKRI - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menghadiri haul keempat Almarhum H Mochtar Jupri di kawasan Bulak Banteng Kidul, Surabaya, Minggu (30/1). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com -  Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengajak semua pihak untuk mewaspadai upaya mengadu domba kelompok nasionalis dengan ulama. Menurut dia, semangat persatuan Indonesia harus dikedepankan agar warga tidak mudah diadu domba.

Hasto mengatakan hal itu di Surabaya, Minggu (29/1) saat menghadiri haul keempat Almarhum H Mochtar Jupri yang dikenal sebagai tokoh masyarakat Surabaya Utara. Mendiang Mochtar Jupri merupakan ayahanda M Mochtar atau yang kondang dengan nama panggilan Mat Mochtar yang kini memimpin Gerakan Rakyat Surabaya (GRS).

Di hadapan ribuan orang yang menghadiri haul keempat H Moch Jupri di kawasan Bulak Banteng Kidul, Surabaya Utara itu Hasto menegaskan, Indonesia bukan hanya untuk suku atau penganut agama tertentu. Menurut dia, justru ulama dan kiai punya peran penting dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semangat itu yang ditunjukkan Pak Mochtar, oleh para ulama di sini sehingga dengan penuh tekad dengan tegas menyatakan NKRI adalah harga mati," kata Hasto.

Terlihat hadir dalam haul itu antara lain Kiai Zainal Arifin, Kiai Sofyan dan KH A'ad Ainurussalam dari Madura, serta Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi. Ada pula anggota DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, Proklamator RI Bung Karno dan dan para founding fathers termasuk para tokoh Islam punya semangat yang sama untuk mendirikan bangsa yang penuh dengan keragaman suku dan agama. Hal itu terumuskan dalam UUD 1945 dan Pancasila.

Namun, katanya, kini ada gerakan yang mencoba mengusik keberagaman dan berupaya membenturkan kelompok nasionalis dan kelompok Islam. Padahal sejak masa perjuangan dan meraih kemerdekaan, sambungnya, hal yang dikedepankan para tokoh bangsa dari kalangan nasionalis ataupun Islam adalah persatuan.

Karenanya Hasto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tokoh seperti H Moch Jupri dan Mat Mochtar yang konsisten menyuarakan persatuan. Dia meyakini upaya mengadu kalangan nasionalis dengan ulama tak akan berhasil.

  Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengajak semua pihak untuk mewaspadai upaya mengadu domba kelompok nasionalis dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close