Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-Hati, Anak yang Belum Memahami Penggunaan Medsos Jadi Incaran Pedofil

Kamis, 14 Juli 2022 – 03:00 WIB
Hati-Hati, Anak yang Belum Memahami Penggunaan Medsos Jadi Incaran Pedofil - JPNN.COM
IDAI mengatakan anak yang belum mengerti media sosial menjadi target kaum pedofil. Foto: Ilustrasi/Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Ternyata, pedofil sering menarget anak-anak yang belum memahami penggunaan media sosial (medsos) untuk melancarkan kejahatan seksual.

Hal tersebut diungkapkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait maraknya kasus pedofilia

“Ini sangat mengkhawatirkan karena ternyata para pedofil atau para pelaku kejahatan seksual daring (online). Mereka menyasar anak-anak yang belum paham tentang media sosial,” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak IDAI Eva Devita Harmoniati.

Hal ini dikatakannya dalam Seminar Awam Cegah Kekerasan Seksual pada Anak yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (13/7).

Eva menuturkan banyak anak pada masa kini yang belum memahami batasan dalam mengakses informasi yang tersebar di dunia internet.

Beberapa lainnya justru rutin atau gemar mengunggah foto-foto pribadi mereka tanpa menyadari dampak yang akan ditimbulkan sehingga anak menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap kejahatan seksual.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni) milik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), anak yang jadi korban kekerasan seksual pada tahun 2019 ada 6.454 anak, naik jadi 8.730 anak pada tahun 2022.

Pedofil itu sendiri, kata Eva, pada awalnya berusaha mendekati anak dengan bersikap seperti teman yang memberikan bermacam-macam hadiah. Tak jarang mereka menghubungi anak melalui aplikasi pesan seperti grup dalam Whatsapp.

Anak yang belum memahami penggunaan media sosial menjadi sasaran kaum pedofil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close