Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hendrawan Supratikno Ungkap Alasan Gen Z Pilih Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Jumat, 06 Oktober 2023 – 22:27 WIB
Hendrawan Supratikno Ungkap Alasan Gen Z Pilih Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (tengah kiri) didampingi Wali Kota Bogor, Bima Aya (tengah kanan) berlari saat melakukan safari politik di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). Dalam kesempatan tersebut Ganjar Pranowo berlari bersama warga dan relawan hingga blusukan ke pasar untuk mengetahui harga bahan pokok dan bertemu dengan sejumlah Gen Z. Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan mendapat dukungan besar dari generasi Z atau Gen Z pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sebab, Gen Z adalah kalangan yang mengedepankan rasional, dalam memilih calon presiden. Tidak itu saja, pertimbangan utama mereka adalah rekam jejak dan konsistensi sikap.

Hal itu disampaikan Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

"Kami berterima kasih kepada mereka semua yang mengedepankan logika dan akal sehat dalam menentukan pilihannya. Generasi Z sangat rasional soal ini. Rekam jejak dan konsistensi sikap menjadi pertimbangan utama," kata Hendrawan.

Hendrawan mengatakan Ganjar adalah sosok pemimpin sangat memahami solusi atas masalah yang banyak generasi Z hadapi.

Program kerja yang akan Ganjar usung jika terpilih jadi presiden, sangat mementingkan isu yang terkait generasi Z.

"Kesempatan kerja dan tata kelola yang baik dalam pelayanan publik merupakan hal-hal yang diprioritaskan oleh masyarakat," ujarnya.

Menurut Hendrawan, Ganjar sudah memberikan bukti kerja nyata selama dua periode memimpin Provinsi Jawa Tengah. Ganjar bukan sosok yang tenggelam dalam retorika.

"Ganjar lebih teruji secara psikologis dan kehidupan keluarganya harmonis. Psikologi calon penting untuk menilai tempramen dalam menghadapi situasi-situasi strategis," ujar Hendrawan.

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan dukungan kalangan generasi Z kepada Ganjar Pranowo tertinggi dibandingkan bacapres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ganjar mendapatkan dukungan 31 persen dari kelompok usia 17-25 tahun.

Survei tersebut juga merangkum tiga kriteria utama yang menjadi pertimbangan Gen Z dalam memilih calon presiden, yaitu tegas dan berwibawa (25,5 persen), kesederhanaan dan merakyat (24,8 persen), serta berprestasi sebagai pemimpin (19,2 persen).

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan mendapat dukungan besar dari generasi Z (Gen Z) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close