Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hidayat MPR: Pendidikan Harus Menumbuhkan Kecintaan Kepada NKRI

Senin, 09 Desember 2019 – 11:05 WIB
Hidayat MPR: Pendidikan Harus Menumbuhkan Kecintaan Kepada NKRI - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) saat peletakan batu pertama pembangunan gedung SMPIT Baitussalam 2 di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (9/12). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, SLEMAN - Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan bahwa pendidikan di level apapun harus membentuk karakter mencintai NKRI. Oleh karena itu, perlu dibina bukan dicurigai sebagai persemaian radikalisme.

Hal itu diungkapkan saat peletakan batu pertama pembangunan gedung SMPIT Baitussalam 2 di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (9/12).

Acara itu juga dihadiri Bupati Sleman, H. Sri Purnomo, Camat Cangkringan Suparmono, Ketua Yayasan Nidaut Taqwa KH Kasyadi serta pimpinan Pondok Pesantren Baitussalam KH. Abdul Hakim.

Hidayat Nur Wahid dalam sambutannya mengatakan pendidikan harus berorientasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) anak bangsa. Dalam level yang terendah, PAUD/TK (Taman Kanak-kanak) hingga perguruan tinggi harus menumbuhkan kecintaan kepada NKRI.

Pendidikan di Indonesia juga harus dapat menangkal dan menekan benih-benih ekstremisme, komunisme, dan ateisme karena tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila yang disepakati pendiri bangsa sebagai Dasar Negara.

Selain itu, Hidayat Nur Wahid berpesan agar kelak kehadiran SMPIT Baitusalam 2 diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sleman dan pada akhirnya menghadirkan SDM yang unggul di Yogyakarta, bahkan di Indonesia.

Hidayat Nur Wahid dalam pesan penutupnya menegaskan agar cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa terus dijaga.

Menurtnya, makin cerdas rakyat Indonesia dan berilmu, maka makin kuat persatuan bangsa Indonesia karena tidak mudah diadu-domba antaranak bangsa.

Pendidikan di Indonesia juga harus dapat menangkal dan menekan benih-benih ekstremisme, komunisme, dan ateisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close