Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hilirisasi Sawit di Indonesia Catatkan Kemajuan

Selasa, 12 Desember 2023 – 23:08 WIB
Hilirisasi Sawit di Indonesia Catatkan Kemajuan - JPNN.COM
Sawit. Ilustrasi/Foto: Rizki Ganda Marito/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) Tungkot Sipayung melihat sejauh ini, hilirisasi sawit sudah mencatat kemajuan yang besar.

Menurutnya, variasi produk sawit makin beragam sehingga menghasilkan peningkatan nilai ekonomi produk itu.

“Menuju 750 jenis produk hilir dan kompetitif di pasar dunia. Semakin ke hilir nilai tambah besar dan semakin membutuhkan inovasi hilir,” kata Tungkot.

Pada 2010, Indonesia masih mengekspor Crude Palm Oil (CPO) atau barang mentah sekitar 70-80 persen. Namun, pada 2022, sekitar 90 persen ekspor merupakan olahan sederhana (setengah jadi).

Sejauh ini, hilirisasi sawit sudah mencatat kemajuan yang besar. Hanya saja, hilirisasi sawit domestik masih memerlukan percepatan adopsi inovasi agar bisa menghasilkan bermacam produk hilir.

Menurutnya, keterlambatan adopsi inovasi terjadi karena masih rendahnya budaya inovatif dan kreatif di industri hilir, inovasi belum menjadi indikator kinerja utama perusahaan, dan masih lemahnya dukungan kebijakan.

Tungkot juga menambahkan dukungan dana riset yang disalurkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sudah tersedia dan telah dimanfaatkan para periset, hasilnya berupa invensi atau paten juga telah banyak.

Oleh karena itu, dirinya mendorong agar hasil riset itu bisa diadopsi oleh pelaku industri.

Variasi produk sawit makin beragam sehingga menghasilkan peningkatan nilai ekonomi produk itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close