Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hima Persis Apresiasi KKP dan Desak Tangkap Mafia Benih Lobster

Jumat, 19 Juli 2024 – 18:20 WIB
Hima Persis Apresiasi KKP dan Desak Tangkap Mafia Benih Lobster - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai menggagalkan upaya penyelundupan ribuan benih lobster. Ilustrasi: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) atas keberhasilan dalam menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster.

Pasalnya, penyelundupan benih lobster bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

“Keberhasilan ini mencerminkan komitmen kuat KKP dalam melindungi sumber daya kelautan Indonesia dan menjaga keberlanjutan ekosistem laut Indonesia,” ujar Sekretaris Bidang Kemaritiman PP Hima Persis Hilal Hizbuloh Alfath dalam keterangan tertulis pada Jumat (19/7/2024).

Dalam operasi terbaru yang dilakukan di Cilacap, KKP berhasil mencegah penyelundupan sebanyak 16.000 benih lobster yang rencananya akan diekspor secara ilegal ke luar negeri. Benih lobster yang diselundupkan diperkirakan bernilai miliaran rupiah.

Upaya ini tidak hanya mencegah kerugian ekonomi yang signifikan bagi negara, tetapi juga melindungi populasi lobster di alam yang berperan penting dalam ekosistem laut.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja KKP dalam menjaga kelestarian sumber daya kelautan kita. Penegakan hukum yang tegas seperti ini sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan ekosistem laut Indonesia," ujar Hilal.

Dia menilai keberhasilan ini merupakan bukti nyata efektivitas penerapan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2021, yang melarang eksploitasi benih lobster demi memastikan kelestarian sumber daya laut dan meningkatkan nilai tambah melalui pembudidayaan di dalam negeri.

Hima Persis berharap keberhasilan ini dapat terus berlanjut dengan penegakan hukum yang tegas dan konsisten di seluruh daerah yang rawan terjadi penyelundupan benih lobster.

Hima Persis mengapresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) atas keberhasilan dalam menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA