Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hindari Penipuan Kunci Jawaban Unas

Kamis, 14 April 2011 – 10:32 WIB
Hindari Penipuan Kunci Jawaban Unas - JPNN.COM
JAKARTA - Beredarnya bocoran kunci jawaban via SMS pada Ujian Nasional (UN) tahun lalu, disinyalir menjadi penyebab, banyaknya siswa  SMA/K yang tidak lulus, pada 2010 lalu di Jakarta Utara (Jakut). Pasalnya, tidak sedikit yang terpengaruh sms yang ternyata kunci jawaban soal, tidak benar. Pada tahun 2011, ini, para siswa  menurut Kasie SMA, Sudin Pendidikan Menengah Pemkot Jakut, Didi Supriyadi, dipastikan tidak akan terkecoh.

"Ini karena,kita telah mensosialisasikan kepada para siswa. Mereka  juga telah kita beritahu, bahwa pada UN kali ini,jumlah soal dalam satu  ruang, itu ada lima variasi," ujar Didi di Jakarta, Rabu (13/4).

Didi yang juga didampingi Kasie SMK, Ekstris, menjelaskan, bahwa  dalam satu ruang, yang diikuti 20 peserta UN, terdapat 5 variasi soal UN yang  berbeda. Jadi kata dia, sulit bagi siswa mempercayai adanya bocoran soal. "Sebab itu tadi, soalnya saja ada lima variasi atau beda-beda. Ini maksudnya juga supaya tidak mencontek dan jangan terpengaruh, jika ada yang menawarkan diri punya kunci jawaban," beber Didi.

 

Tidak cukup dengan itu, pihaknya kata dia, juga mengelompokan tempat  duduk siswa yang mengikuti UN. Tempat duduk siswa, tidak dikelompokan  berdasarkan soal UN. "Tapi kita acak, misalkan, siswa yang mendapat soal model A, B, C, D dan E. Tempat duduknya, kita acak. Tidak berdampingan, atau berurutan duduknya yang misalnya mendapat soal variasi A," papar Didi.

JAKARTA - Beredarnya bocoran kunci jawaban via SMS pada Ujian Nasional (UN) tahun lalu, disinyalir menjadi penyebab, banyaknya siswa  SMA/K

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close