Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenaikan UKT Memicu Demonstrasi Mahasiswa, Begini Respons Menteri Nadiem

Selasa, 21 Mei 2024 – 11:36 WIB
Kenaikan UKT Memicu Demonstrasi Mahasiswa, Begini Respons Menteri Nadiem - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim soal kenaikan UKT. Ilustrasi Foto/Arsip: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Beberapa pekan terakhir publik menyoroti lompatan biaya Uang Kuliah Tunggal yang besar, seperti kenaikan dari UKT golongan empat ke golongan lima dan seterusnya dengan besaran rata-rata lima sampai 10 persen.

Aksi demonstrasi mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri di beberapa daerah menolak kenaikan UKT.

Merespons hal tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi segala masukan dan kritik dari beragam pihak terkait persoalan UKT yang mengalami kenaikan.

"Saya ingin mengucapkan, pertama, apresiasi sebesar-besarnya atas semua masukan dan kritik dari semua pihak, terutama mahasiswa yang mempunyai kepedulian tinggi kepada mahasiswa yang existing maupun mahasiswa baru," kata Nadiem Makarim ketika mengawali paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/5).

Mas Menteri pun mengaku salut atas perhatian besar dari beragam pihak terkait persoalan UKT itu.

Dia juga mengapresiasi perguruan tinggi yang responsif pada kebutuhan mahasiswa, terutama mahasiswa dari keluarga yang tergolong tidak mampu secara ekonomi.

"Kami juga mengapresiasi perguruan tinggi yang responsif pada kebutuhan mahasiswa, terutama dari keluarga-keluarga yang tidak mampu," kata dia.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Nadiem kepada Komisi X DPR RI yang telah menampung aspirasi beragam pihak, lalu memberikan kesempatan kepada Kemendikbudristek memberikan penjelasan.

Kenaikan Uang Kuliah Tunggal atau UKT memicu aksi demonstrasi mahasiswa, simak komentar Menteri Nadiem Makarim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close